Aktivitas balita: Kesenangan menunjuk-nunjuk

Aktivitas balita: Kesenangan menunjuk-nunjuk

Apa yang anak-anak sukai dari kegiatan melukis dengan jadi? Diperbolehkan untuk membuat kekacauan adalah hal yang sangat menyenangkan! Berikut bagaimana caranya membuat tangan Anda kotor sementara tetap bisa mengawasi kekacauan yang terjadi.

Lindungi. Pilihlah ruangan di rumah Anda yang sekiranya nyaman untuk anak Anda mengunakan cat. Tempelkan koran bekas di seluruh lantai dan tembok. Gulung lengan baju anak;bantulah ia menggunakan apron. Pakaikan pakaian longgar untuk menutupi pakaiannya yang sebenarnya.

Bermain-main dengan tekstur dan warna. Melukis dengan jari adalah cara yang baik untuk anak bereksperimen dengan tekstur dan warna. Misalnya, tambahkan lebih banyak air untuk menunjukkan bagaimana dengan begitu cat menjadi lebih licin, atau campurlah warna-warna primer sehingga dapat dilihatnya bagaimana warna-warna itu berubah.

Berbagilah dengan anak. Bicara dengan dia bagaimana cat terasa di tangannya. Doronglah dia menggunakan kata-kata deskriptif atau metafor.

Buatlah cetakannya. Anda bisa mencetak lukisan tangan anak Anda dengan meletakkan selembar kertas menutupi/di atas lukisan dan menekannya dengan perlahan. Lekatkan cetakan itu di pintu kulkas agar orang lain dapat melihat dan mengaguminya!

Lukisan jari adalah satu dari cara terbaik untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara kreatif. Di samping menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orangtuanya, mereka sekaligus memperkuat otot-otot jari dan belajar tentang percampuran warna.

Yang Anda perlukan:
- koran
- apron atau pakaian bekas
- Kertas tahan air, termasuk kertas untuk lukisan jari
- Warna primer untuk lukisan jari dibeli dari toko atau dibuat sendiri(lihat resep)

Alternatif

Jika anak segan atau enggan tangannya kotor karena lukis jari, Anda dapat menggantinya dengan material lain, seperti sabun,krim cukur, botol pewarna kue, atau pudding cokelat!

Buatlah lukisan jari Anda sendiri
Resep pertama:
- 1 sampai 3 sendok makan tepung kanji cair
- 1 sendok makan cat

Lumasi kanji cair (pengganti air water) pada permukaan kanvas lukisan jari. Tambahkan cat.
Resep ke- 2:

- 4 cangkir air dingin
- 1 cangkir tepung jagung
- 1 sendok teh cat atau pewarna makanan

Campur air dan tepung jagung. Panaskan di atas api sedang hingga menjadi kental, sambil terus diaduk. Turunkan dari kompor dan tambahkan cat atau pewarna makanan, atau bagilah campuran menjadi tiga bagian dan tambahkan 3 warna berbeda.

Lihat artikel sejenis: