Masak bersama anak-anak

Masak bersama anak-anak

Kebanyakan balita dan anak prasekolah senang menjadi "asisten" di dapur. Sebagai tambahan, membiarkan si kecil terlibat saat menyiapkan makanan dapat mendorong si kecil memiliki kebiasaan makan yang sehat. Berikut cara menghabiskan waktu dengan koki junior Anda.

Pilih resep yang mudah.Selalu ingat usia dan masa perkembangan anak Anda saat memilih salah satu hidangan. Menu seperti campuran buah dan yoghurt bisa jadi pilihan ideal karena hanya perlu komposisi yang sedikit. Anak kecil suka menjilati jari-jari, jadi hindari membuat menu dengan bahan mentah yang punya risiko dijilati oleh mereka(misalnya seperti adonan kue yang dibuat dengan telur mentah).

Belanja bersama. Tingkatkan kemampuan balita Anda dengan membuat perjalanan belanja bersama sebagai sebuah pengalaman belajar baginya. Saat Anda mengambil barang-barang dari rak, ajarkan pada mereka bagaimana barang itu bisa menambah rasa pada makanan (“Blueberry ini akan membuat muffin kita manis!”), tanyakan pada anak Anda apakah ia ingin paprika berwarna merah, kuning, atau hijau di hidangan salad, atau berikan mereka pelajaran mengeja dengan menunjukkan susunan huruf di kemasan.

Berikan tugas yang sederhana.Kegiatan di dapur yang cocok untuk anak kecil seperti mencuci buah, menaburkan gula atau bahan lain, mengaduk, menumbuk, dan meratakan adonan. Sebuah permainan menyenangkan untuk anak yang lebih besar adalah menyusun blueberry di atas pancake untuk membuat gambaran wajah tersenyum atau huruf pertama dari inisial namanya.

Arahkan semuanya. Tindakan menjaga keselamatan dan pengawasan yang terus-menerus di dapur adalah kunci. Ajari anak Anda untuk tahu apa yang dia tidak boleh sentuh, seperti pengocok yang berputar dari mixer , peralatan yang tajam dan permukaan yang panas. Pastikan juga Anda selalu menaruh pegangan panci ke dalam arah kompor untuk mencegah kecelakaan.

Puji kecakapan memasak anak saat Anda mencicipi hidangan bersama-sama, dan meski sulit, coba dan abaikan keadaan dapur Anda. Hal yang terpenting adalah Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dengan mendorong dia menguasai keterampilan baru dan kemampuan membuat makanan baru. Nikmati!

Lihat artikel sejenis: