Mengenalkan bayi Anda ke kakak-kakaknya

Mengenalkan bayi Anda ke kakak-kakaknya

Membawa pulang bayi Anda dari rumah sakit bisa merupakan hal yang baru bagi keluarga Anda. Mungkin bisa jadi itu adalah pertama kalinya Anda mempunyai bayi perempuan atau laki laki dan pertama kalinya anak anak yang lebih tua menjadi seorang kakak laki laki atau kakak perempuan. .


Mempersiapkan anak anak yang lebih tua untuk menyambut kedatangan adiknya:

  • Ketika hamil, sering berkatalah kepada mereka bahwa akan ada bayi dan buatlah mereka tak sabar menantikan peran sebagai kakak.
  • Setelah melahirkan, libatkanlah mereka untuk menjaga adiknya. Mintalah ia untuk membawakanmu popok adiknya atau membantu Anda untuk memilihkan pakaian untuk dikenakan adiknya.
  • Ketika teman atau kerabat Anda berkunjung, biarkan ia memperkenalkan adiknya kepada mereka.
  • Jika bayi Anda yang baru lahir mendapatkan banyak hadiah, berilah ia beberapa kado tersebut meskipun itu untuk adik mereka.
  • Tetap perhatikanlah anak anak Anda, anak berumur di bawah 5 tahun tidak boleh ditinggal bersama bayi sendirian.


Anak anak yang lebih tua mungkin sudah mulai masuk kelompok bermain atau playgroup, tetapi ikatan kakak adik yang baik tidak terjadi dalam semalam. Tidak aneh jika mereka akan cemburu kepada adiknya dan mereka akan bersikap kembali seperti bayi untuk mengambil perhatian Anda.


Itu adalah sebuah tantangan untuk Anda dan anak anak yang lebih tua untuk dapat menyesuaikan peran barunya. Mereka harus belajar berbagi ruangan, mainan, dan kasih sayang Anda. Berikut beberapa kiat untuk membantu anak anak yang lebih tua ikut peduli terhadap adiknya:

  • Buatlah tugas ringan untuk membantunya peduli terhadap adiknya. Anak yang baru lahir akan menyedot banyak perhatian Anda, jadi libatkanlah kakaknya untuk bercengkrama bersama adik dan ibunya dan ia akan lebih mengenal dan dekat dengan adiknya.
  • Buatlah pertanyaan yang membuat mereka penasaran. Ia akan bertanya tanya tentang apa yang terjadi dan mengapa bisa terjadi. Manfaatkanlah kesempatan ini untuk mengajari mereka apa yang seharusnya mereka lakukan sehingga mereka akan mengerti bahwa adiknya yang baru lahir akan membutuhkan banyak waktu untuk tidur dan masih belajar untuk berinteraksi dengan kakanya, dan mereka harus sabar untuk itu.
  • Buatlah mereka saling berbagi dengan berbagai permainan.
  • Buatlah waktu bersama yang berkualitas tiap harinya. Ini akan meyakinkannya bahwa Anda sangat menyayanginya dan adalah sangat berharga bisa menghabiskan waktu bersamanya.


Lihat artikel sejenis: