Saudara laki-laki atau perempuan sang bayi: memperkenalkan saudara kandung

Saudara laki-laki atau perempuan sang bayi: memperkenalkan saudara kandung


Ketika orang berpikir tentang hubungan sesama saudara kandung, kata pertama yang sering muncul dalam ingatan adalah “persaingan”. Sejujurnya, konsep ini tidak seluruhnya salah; saudara kandung dapat bergantian bersaing untuk mencari perhatian orangtua.

Sebagai orang tua, Anda dapat mengatur kondisi untuk mendorong hubungan yang penuh kasih, saling mendukung dan kooperatif bukan malah kompetitif. Berikut’s bagaimana mempersiapkan anak Anda untuk kedatangan adik baru mereka.

Beritahu anak Anda sebelum memberitahu tetangga.Lebih baik anak Anda mendengar berita tentang bayi baru dari Anda, daripada dari orang lain. Tang terbaik adalah membuka percakapan singkat dengannya sebelum Anda memberitahu teman-teman Anda. Dengan cara itu, anak Anda tidak akan sengaja membocorkan rahasia sebelum Anda siap. .

Nikmati "bocah besar" atau "gadis besar".Bahkan walaupun Anda tidak berharap anak kedua, akan tetap penting untuk merayakan semua pertumbuhan bayi pertama Anda. Berkembang dari minuman botol ke makanan padat, dari popok ke celana dalam – semua dari tonggak sejarah ini menunjukkan anak Anda tumbuh berkembang. Seiring perkembangan anak, penting untuk menunjukkan kepada mereka seberapa bangganya Anda melihat mereka tumbuh menjadi “bocah besar” atau “gadis besar” Itu dapat menyiapkan mereka untuk melihat dirinya sendiri sebagai "bocah besar" atau "gadis besar".

Waktu peralihan.Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin memberi waktu pada masa transisi anak. Contohnya, Anda tidak mungkin memindahkan anak tertua ke kamar tidur baru dan bayi ke ruangan lama pada waktu yang sama, jadi anak pertama Anda tidak merasa seperti dia digantikan. Jika waktunya tepat, ini adalah kesempatan besar untuk menunjukkan kebanggaan Anda melihat pertumbuhan keduanya secara bersamaan.

Biarkan dia membantu.Sebagaimana yang Anda ketahui, bayi membutuhkan banyak permainan dan perhatian, dan ada banyak cara di mana saudara laki-laki atau perempuan dapat membantu. Anak pertama dapat berbicara atau bernyanyi untuk si bayi, membantu memberikan botol atau membantu saat mengganti popok, dan sebagainya. Saat Anda menemukan cara bagaimana anak pertama bisa terlibat membantu, Anda menunjukkan beberapa pesan penting padanya: bahwa Anda percaya padanya, bahwa dia bisa berperan aktif, bahwa tugas saudara adalah merawat saudara yang lebih muda dan Anda semua bersama-sama.

Yakinkan kembali mereka.Satu kekhawatiran yang umum dialami anak pertama adalah bahwa adik bayi akan menggantikan posisi mereka di hati Anda. Dari waktu ke waktu (baik sebelum atau sesudah bayi datang),pastikan untuk memberi tahu (dan menunjukkan) bahwa cinta Anda tak akan berubah pada anak pertama.

Sampaikan juga pada yang lebih dewasa lainnya.Sembari Anda meyakinkan anak pertama, berhati-hatilah jika ada orang dewasa yang bermaksud baik tapi tidak sengaja justru merusak usaha Anda. Cegahlah komentar atau lelucon yang menyiratkan bahwa bayi yang baru entah bagaimana caranya akan menggantikan anak pertama Anda, atau & rsquo; Anda harus berusaha keras lagi untuk menunjukkan kepadanya cinta dan perhatian.

Lihat artikel sejenis: