Kebiasaan makan yang baik anak usia 3 tahun

Kebiasaan makan yang baik anak usia 3 tahun

Anak Anda yang berusia 3 tahun menginginkan makanan baru daripada yang sudah dimakannya tahun lalu. Ia lebih terbuka menerima makanan yang diberikan dengan model baru dan dengan cara menarik. Lepas kreatifitas Anda dan jadikanlah waktu makan penuh sukacita dan keceriaan, keluarga dan bangunlah tradisi yang sudah dipertahankan amat lama.

Makan bersama sebagai satu keluarga. Anak usia tiga tahun belajar banyak tentang makan dan bersosialisasi di meja makan. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang makan sekurang-kurang nya sekali makan dalam sehari dengan keluarga mereka mempunyai kosakata yang lebih baik dan juga diet yang lebih baik. Matikan tv sewaktu makan dan berbicaralah. Makan pada waktu yang teratur, di tempat yang teratur seperti di dapur, atau di meja makan.

Perilaku di Meja Makan. Ajari dirinya mengatakan “silakan”, “terima kasih” dan ”bolehkah saya.. “ Ia harus membantu menyiapkan meja dan membersihkan meja di kemudian. Ia cenderung menikmati kebiasaan dan ritual makan bersama keluarga.

Masalah Sembelit. . Jika anak prasekolah Anda sakit perut atau buang air besar susah atau telah sehari atau dua hari tidak ke belakang , maka ubah segera makanannya. Kalau masalah tidak menjadi lebih baik tanyalah pada dokter, telepon untuk mendapatkan nasehat. Anak Anda mungkin akan segan menggunakan toilet kalau yang demikian berlangsung terlampau lama.

Pedoman ini seharusnya menjadikan urusan menjadi lebih mudah.

  • Ambillah langkah untuk menghentikan ASI atau susu dari botol kalau Anda belum menghentikannya. Minum dari botol pada usia ini dapat mempersukarnya belajar makan dengan sebagaimana mestinya di sekolah dan di rumah.
  • Hindarilah menggunakan makanan sebagai hadiah atau sogokan untuk mendapatkan perilaku yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa pola ini menggiring anak kepada pola penurunan dalam waktu cepat dalam hal makan dan perang dalam waktu panjang.
  • Cobalah dan hindarilah makanan kecil, makanan keras seperti permen, permen karet yang bisa melekat di tenggorokan.

Selamat makan!

Lihat artikel sejenis: