Gigi bayi rusak

Gigi bayi rusak

Sekitar sepertiga dari semua balita mengalami beberapa trauma yang berhubungan dengan gigi, biasanya antara usia 18 dan 40 bulan. Hal apa yang dapat dilakukan ketika gigi putih mutiaranya rusak. Jika gigi bayi rusak seluruhnya, dokter gigi tidak akan dapat melakukan penanaman gigi kembali. Gigi permanen, kebalikannya, dapat dilakukan penanaman kembali dalam dua jam setelah gigi terluka.

Apa yang harus dilakukan. Di semua kasus hilangnya gigi, lakukan tekanan terus-menerus pada lubang. Jika pendarahan tidak berhenti setelah sepuluh menit, konsultasikan ke dokter gigi atau pergi ke UGD. Setelah pendarahan berhenti, berikan anak Anda acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi rasa sakit.

Patah sebagian. Jika gigi sebagian keluar dari gusi atau adanya gigi yang bergeser, atau adanya gumpalan daging berwarna merah (pulpa gigi) menonjol, langsung konsultasi kepada dokter gigi. Jika gigi hanya bergeser sedikit, anak mungkin dapat mendorong gigi agar kembali ke posisi semula dengan lidahnya. Jika gigi didorong ke gusi (secara paksa) tetapi tidak rusak atau berdarah, tunggu hari selanjutnya untuk berkunjung ke dokter gigi.

Tindakan pencabutan. Setelah mengalami trauma pada gigi, gigi bayi akan berubah warnanya dalam periode beberapa minggu. Ini berarti apa yang ada di dalam gigi telah mati dan harus dicabut. .

Masalah gusi. Jika anak memotong atau melukai gusi atau bibir, letakkan sebuah penekan dingin dengan kantong kecil yang terdiri dari es atau potongan buah beku. Jika potongan gigi lebih besar dari 0,64 cm atau melewati pembatas bibir, pergilah ke dokter. Dokter akan memastikan semua akan sembuh dengan baik. Jangan panik jika anak Anda melukai lidahnya dan Anda melihat banyak darah. Lidah mempunyai persediaan darah yang baik, dan meski sebelumnya tampak mengerikan, biasanya itu akan sembuh dengan sendirinya. .

Jauhkan dari kerusakan. Walaupun tidak permanen, luka gigi bayi tetap membutuhkan perhatian. Trauma dapat merusak gigi permanen yang sedang berkembang di gusi bagian dalam, kemungkinan akan menyebabkan tertundanya gigi terlihat tumbuh di luar gusi.

Tips: ide yang bagus untuk membuat janji dengan ahli gigi sebelum bayi benar-benar sakit atau berlarian. Dokter anak dan dokter gigi merekomendasikan kunjungan pertama ke dokter gigi dilakukan pada ulang tahun pertamanya.

Lihat artikel sejenis: