Kapankah bayi mulai mengucapkan kata pertamanya?

Kapankah bayi mulai mengucapkan kata pertamanya?

Beberapa prestasi bayi yang mengejutkan adalah kata pertamanya. Bayi mungkin telah mengucapkan “dada” atau”mama” sekitar usia enam sampai delapan bulan . Ia mungkin telah menambahkannya dengan beberapa kata lain kepada daftar kata-katanya di sekitar ulang tahunnya yang pertama. Tip berikut mungkin dapat membantu membuat bayi Anda berbicara.

Ikut ngobrol Berbicara dengan bayi mengajarkannya kosakata baru dan memicu kosakata pertamanya. Ceritakanlah kegiatan sehari-hari Anda, atau ketika Anda berada di lingkungan yang baru untuk memperkenalkan kepadanya kata-kata yang baru.

Menjawab. Ikutilah keinginan anak Anda dan biarkanlah dia menentukan apa yang akan dibicarakan.Misalnya, Kalau anak Anda sedang memandang anjing dan ia menggumam, jadikanlah topik itu pokok pembicaraan dan ulangilah kata “anjing” sembari menunjuk kepada anjing.

Fokus pada keteraturan dan pengulangan. Aktivitas sehari-hari seperti mandi, makan, dan pergantian waktu merupakan kesempatan yang ideal bercakap-cakap dengan bayi Anda setiap hari. Di waktu-waktu tersebut ia akan mulai memilih kata dan frase kunci dan menghubungkannya dengan aktivitasnya.

Model berbicara untuk bayi. Untuk membantu bayi membangun ketrampilan berbicaranya berbicaralah dengan perlahan, dengan kalimat pendek-pendek dan tunggulah dia untuk mencoba dan mengulang bila ia telah siap. Bantulah ia mengenal berbagai obyek dan kata-kata lewat permainan.

Ingatlah, bahwa beberapa anak mulai berbicara lebih awal, sementara yang lain lagi masih berjuang mencoba kata-kata pertamanya. Bayi Anda akan beraksi dengan kata-katanya sebelum Anda mengetahuinya!

Lihat artikel sejenis: