Keterampilan motorik halus bayi

Keterampilan motorik halus bayi

Tangan anak semakin baik melakukan berbagai macam tugas hari-hari ini. Kedua matanya dan kedua tangan belajar bekerja sama yang akhirnya memungkinkannya mencipta semua macam barang hebat mengagumkan. Sekarang ketika satu tangannya sibuk, tangan yang lain mungkin akan bergerak juga. Efek cermin ini mengabur sejalan dengan kematangan sistem syarafnya.

Ketrampilan Gerak dan Kecekatan tangan Bayi
Anak Anda mungkin menggunakan kedua tangannya sangat baik, tetapi segera kecekanan akan mulai tampak. Perhatikanlah ia lebih mengutamakan tangannya yang satu dibandingkan tangannya yang lain ketika ia makan, atau ketika mewarnai --- Tangannya yang satu tampaknya adalah tangannya yang nanti bakal dominan. (salah satu kaki juga demikian. Jadi perhatikan kaki mana yang digunakan menendang bola.)

Membantu perkembangannya
Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu mendorong anak mengembangkan perkembangan geraknya:

  • Libatkan dia dalam hal mengenakan pakaian. Mulailah dengan menggerakkan zipper di bajunya. Biarkan ia berlatih dengan kancing-kancingnya; walaupun semua hal itu merupakan tantangan berat buat dia, akan tampak kemajuannya.
  • Aturlah meja dengan satu set alat makan perak untuk anak. Sampai waktu ini, ia seharusnya telah mahir menggunakan sendok dan mungkin juga pisau memotong makanan yang lembut, ia mulai mendapatkan ide.
  • Bermain dengan air Berilah anak kesempatan untuk mengasah kemampuannya menuang air di bak mandi atau di tempat mencuci . Sekali berhasil mentransfer air dari cangkir ke gelas besar, ia bisa dibiarkan mencoba menggerakkan meja makan. (gunakan wadah yang kecil di awal).
  • Biarkan kreativitas berkembang merajalela. Kemampuan anak meningkatkan ketangkasannya akan amat tampak ketika ia menggambar dan mewarnai dengan crayon dan marker (tentu saja di bawah pengawasan Anda). .Perhatikan cara ia mengambil crayon; ia akan menggunakan seluruh tangannya bukan hanya jari-jarinya. (waktu ini ia lima tahun ia akan menguasai cengkeraman “tripod”.) tulisan cakar ayan anak mungkin mulai akan berubah. Segera akan terlihat kemunculan seseorang dari bentuk bundar itu. Mungkin awalnya tampak seperti seekor kodok, tapi itu bukannyan berarti kurang hebat! Beri anak Anda garis dan bentuk untuk ia tiru.Ia mungkin hanya akan mampu mengikuti garis horisontal dan vertikal pada awal sekarang ini, tetapi proses hebat sedang bermula: belajar menuangkan ide ke atas kertas.

Lihat artikel sejenis: