Mengajarkan Balita untuk Berbagi

Mengajarkan Balita untuk Berbagi

Saya tahu bahwa anak berusia tiga tahun sangat dermawan untuk usianya terasa manis dan menyenangkan.

Mengapa anak kecil yang manis ini akan melakukan cara ini? Sebenarnya, perilakunya menandakan dia sebagai anak normal yang berusia tiga tahun. Ini tidak berati dia egois atau tidak sensitif --- pikirannya mungkin tidak cukup dewasa untuk menempatkan diri pada situasi anak lain yang ingin bermain dengan mainannya.

Ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat lebih mudah:

1.    Menjadi contoh yang baik. . Pastikan bahwa Anda memberi contoh terbaik melalui diri Anda sendiri. Biarkan anak melihat Anda berbagi dengan pasangan, anak, dan lainnya. Dan pastikan menyebutkan contoh dari berbagi kepada anak, untuk memastikan dia menyadari mereka sedang terjadi.

2.    Puji perilaku baiknya. Dengan cara yang sama, tetap tinggal untuk melihat ketika anak Anda berbagi sesuatu dengan orang lain – apakah ini dengan anak lainnya, orang dewasa, atau bahkan Anda. Puji anak ketika dia menjadi “pemberi yang baik”. Ini membuat dia suka untuk berbagi lagi kelak.

3.    Sediakan beberapa waktu untuk bermain. . Waktu bermain memberikan kesempatan yang luar biasa untuk anak mempraktikkan kemampuan sosial dalam hal mengatur yang orangtua dapat mengawasi dan bahkan memandu sedikit jika perlu.

4.    Mempunyai sesuatu untuk setiap orang. . Sebagian besar masalah berbagi terjadi ketika dua anak ingin menggunakan mainan yang sama pada waktu yang sama. Jadi satu cara yang mudah untuk menghindari konflik adalah membiarkan setiap anak bermain dengan mainan yang sama (memberikan Anda lima balok untuk dibangun, dan kita akan memberikan Kelly lima balok juga”).

5.    Mencoba bergantian. . Di bawah usia tiga atau empat tahun, anak-anak biasanya menghabiskan waktu bermain di “permainan paralel” (bermainan permainan yang terpisah dalam jarak dekat satu sama lain, daripada bermain bersama-sama). Bagaimanapun, ini berarti bahwa jika Anda berusaha menyelesaikan konflik mainan dengan menyaranakan bahwa sepasang anak berusia dua tahun bermain bersama, Anda akan mungkin kecewa.

6.    Bersiaplah. Beberapa permainan terlalu spesial untuk dibagikan, salah satunya karena baru atau karena anak sangat menyukainya. Jadi, singkatnya sebelum Anda mengadakan waktu bermain bersama-sama di rumah Anda, ambil waktu untuk berbicara dengan anak Anda tentang hal tersebut. Tanya pada anak untuk berpikir apakah ada dari beberapa mainannya yang dia tidak ingin dibagi dengan temannya. Jika ada, letakkan mainan itu pada suatu tempat di mana mereka akan aman dan tidak tersentuh sampai waktu bermainnya selesai.

7.    Realistis. . Atur tujuan untuk anak Anda, tetapi pastikan harapannya realistis. Dengan sedikit kesabaran, beberapa dukungan waktu yang tepat dan banyak cinta, ini tidak akan terasa lama sebelum anak membangun fondasi dari kemampuan yang akan mereka gunakan seluruh hidupnya.

Lihat artikel sejenis: