Pemeriksaan Gigi untuk Anak dan Kesehatan Gigi Anak

Pemeriksaan Gigi untuk Anak dan Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi sangat penting untuk kesehatan dan penampilan masa kanak-kanak hingga sepanjang hidup. Upaya pencegahan di ilmu kedokteran gigi sekarang ini sudah sangat baik, sehingga anak kita dapat menjaga keputihan dan kecemerlangan gigi mereka di masa depan. Dan sekarang kita juga tahu sangat banyak bagaimana menghilangkan rasa takut dan rasa sakit dari perawatan gigi sehingga anak-anak tidak mempunyai alasan untuk khawatir ketika saatnya harus mengunjungi dokter gigi dua kali setahun. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan anak Anda mendapatkan perawatan yang baik dan dapat memastikan senyum mereka akan terus cerah sepanjang hidup.

Pilihlah dokter yang bersahabat.
. Ada dokter gigi anak yang mempunyai minat terhadap masalah gigi anak dan dia mendapatkan pelatihan khusus untuk hal tersebut. Jika tidak terdapat dokter seperti itu di sekitar Anda, carilah dokter gigi yang ruang tunggu dan sikap pegawainya memberikan kenyamanan terhadap anak-anak dan hal tersebut akan menjadi pengalaman yang baik bagi anak. Rumah sakit Anda bisa juga memberikan saran untuk dokter gigi yang baik.

 

Berkunjunglah terlebih dahulu.
Bawalah anak Anda sebelum pemeriksaan agar dapat lebih mengenal tempat tersebut.

 

Uji sikap Anda terhadap dokter gigi.
Banyak orangtua mempunyai pengalaman buruk dengan perawatan gigi, dan mereka tanpa disadari bisa memberikan pesan negatif tentang kursi dokter gigi. Orangtua yang punya pandangan positif dengan pemeriksaan mereka sudah seharusnya pergi bersama anak ke dokter gigi.

 

Jaga gigi susu.
Walaupun anak Anda akan kehilangan gigi pertama mereka, jagalah gigi tersebut baik-baik, termasuk tambalan, lapisan, dan ekstraksi gigi yang telah mati, semua adalah bagian dari upaya memastikan bahwa gigi di bawah dan rahang dapat tumbuh dengan baik dan tetap sehat. Bersiaplah untuk saran perawatan yang tidak Anda alami ketika Anda masih kecil. Seperti obat kumur.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah sebelum kunjungan ke dokter agar gigi tetap putih dan bersih:

  • Ajari anak menggosok gigi dua kali sehari. Waktu terbaik adalah setelah sarapan dan sebelum tidur. Ajarilah anak Anda untuk menggosok gigi dua kali sehari. Awasi gosok gigi setidaknya pada waktu malam untuk anak di bawah umur 7 tahun; awasilah kedua jadwal tersebut untuk anak di bawah umur 4 tahun.
  • Gunakan sikat gigi berbulu halus. Sikat gigi yang kasar dapat menggesek gusi dan menyimpan bakteri. Gantilah sikat gigi setiap 3 sampai 6 bulan sekali atau setelah sikat gigi telah jelek.
  • Letakkan pengatur waktu di kamar mandi. Atur waktu dua atau tiga menit, itu waktu yang cukup untuk membuat gigi mereka bersih.
  • Cek komposisi flourida. Kontak layanan kesehatan tentang penggunaan suplemen flourida. Jenis dan jumlah akan bergantung dengan komposisi flourida yang ada di air Anda. Jangan berasumsi bahwa Anda tidak akan memerlukannya jika anak Anda telah meminum air kemasan yang mengandung flourida, karena itu saja tidak cukup.

  • Hindarilah makanan yang lengket. Beberapa jenis permen karet dan permen buah kebanyakan terbuat dari gula dan menempel di permukaan gigi selama seharian.

 

Dengan perawatan gigi yang baik di rumah dan di klinik dokter gigi – bersamaan dengan jumlah flourida yang aman – anak Anda dapat menuju masa dewasa mereka dengan senyum yang putih dan cemerlang.

Lihat artikel sejenis: