Pentingnya bermain dalam perkembangan masa kanak-kanak

Pentingnya bermain dalam perkembangan masa kanak-kanak

Cara anak Anda bermain dan memainkan mainan mereka dapat memberi tahu Anda apakah dia mencapai perkembangan kognitif yang sesuai dan perkembangan masa kanak-kanak.

Pada usia dua tahun, pola bermain dan berimajinasi bercampur menjadi satu. Anak usia dua tahun mulai menggunakan mainan mereka dan merangkai cerita pendek dalam cara yang unik.

Contohnya, anak Anda mungkin membuat semacam kamar yang tersusun dari beberapa balok. Dia menaruh sebuah boneka perempuan di dalam kamar tersebut dan berkata “Pulang” ketika dia membawa sebuah boneka laki-laki mendekat. “Tok,tok,tok! Masuk!” berkata demikian sambil mendorong satu balok ke samping supaya boneka keduanya dapat memasuki kamar itu. Kemudian kedua boneka itu berangkulan.

Dengan memainkan skenario seperti itu, balita Anda memperagakan kemampuannya untuk memainkan sebuah cerita. Hal tersebut, selanjutnya, merupakan imitasi, yang menunjukkan bahwa dia memahami kata-kata yang dipelajarinya. Mainan yang tidak terstruktur seperti balok membantu anak Anda melatih imajinasinya. Berikan dia ruang dan waktu untuk berkreasi. Tunjukkan ketertarikan Anda, tetapi jangan memeriksa terlalu serius karena anak Anda juga belum menyadari apa yang sedang dilakukannya.  

Lihat artikel sejenis: