Perkembangan Balita: Cara Menangani Bayi 2 Tahun

Perkembangan Balita: Cara Menangani Bayi 2 Tahun

Hal ini kadang terjadi. Suatu hari anak Anda sangat manis dan menggemaskan, dan hari berikutnya dia memberontak, meluapkan amarahnya yang meledak-ledak seperti badai di sepanjang hari. Percaya atau tidak, hal ini normal – menantang dan membuat frustasi, tetapi normal.


Mengapa tidak menyebutnya “usia dua tahun yang menyenangkan”.

Bayangkan Anda tiba-tiba memasuki percepatan perkembangan terbesar yang memberikan Anda kemampuan untuk berkomunikasi, berpikir, dan bergerak yang belum pernah Anda miliki sebelumnya. Masukkan segala emosi-emosi baru tersebut ke dalam tubuh yang mungil, ditambah sedikit rasa bimbang dan bersiaplah untuk luapan kemarahan dan perubahan mood.

Bagaimana cara menjaga perspektif.
Hal utama yang harus Anda ingat selama fase ini adalah tidak terlalu memikirkannya. Anak Anda hanya bimbang. Bantu dia merasa lebih mandiri dengan mencoba beberapa cara berikut:

  • Dukung anak Anda untuk bereksplorasi. Biarkan anak Anda menjawab rasa ingin tahunya dengan memperbolehkannya bereksplorasi sebanyak mungkin dalam cara yang aman. Jika sesuatu tidak aman, beritahu dia. Pada akhirnya dia akan belajar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  • Berikan pujian. Tingkatkan kepercayaan diri anak Anda dengan memberi tahunya ketika dia melakukan sesuatu yang benar. Jika dia bermain dengan manis dengan temannya atau ketika dia melakukan suatu tugas (seperti berganti baju tidur), beri tahu betapa senang dan bangganya pada anak Anda.
  • Tetap konsisten. Jangan biarkan luapan kemarahan atau mood buruk memengaruhi Anda. Seperti fase-fase lainnya, fase ini juga akan terlewati dan anak akan segera tumbuh berkembang meninggalkan fase ini.


Lihat artikel sejenis: