Perubahan besar balita: membangun kemandirian

Perubahan besar balita: membangun kemandirian

Setelah ulang tahun pertama anak Anda, Anda akan menyaksikan perubahan dari bayi ketergantungan ke balita yang bertanggung jawab. Berikut adalah tanda bahwa dia siap merawat dirinya sendiri.

Perubahan 1: Makan sendiri. Pada umur 15 bulan, dia akan menunjukkan ketertarikan menggunakan sendok, bahkan menggenggamnya ketika Anda menyuapinya. Pada umur 18 bulan dia mungkin bisa memegang sendoknya dengan baik (dan bisa masukkan hampir seluruh makanannya ke dalam mulut). Selalu sediakan serbet –kegiatan makan ini akan menjadi berantakan!
Bagaimana Anda bisa membantu. Sediakan sendok berbahan karet sehingga dia tidak akan melukai gusinya. Gunakan peralatan makan anti pecah yang bisa bertahan dari bantingan dari kursi tinggi ke lantai.

Perubahan 2: Melakukan langkah pertama. . Beberapa balita melakukan langkah pertamanya pada ulang tahun pertama mereka. tanda bahwa anak Anda siap temasuk berguling, merangkak dan menaiki tangga menggunakan tangannya.
Bagaimana Anda bisa membantu. Pastikan anak Anda mendapat waktu yang cukup pada perutnya di waktu sebelumnya. Berjalan membutuhkan otot punggung yang kuat, yang akan dibentuk bayi ketika dia berbaring dengan perutnya dan mengangkat kepalanya.

Perubahan 3: Menggosok giginya. Walaupun anak Anda belum mempunyai koordinasi dalam memegang sikat gigi secara benar hingga umur enam atau tujuh tahun, Anda bisa membiarkannya berlatih jika dia ingin mencoba.
Bagaimana Anda bisa membantu. Kebanyakan dokter gigi menyarankan orangtua untuk membiarkan anak mereka menggosok gigi dengan sendirinya, dan dilanjutkan dengan kebersihan diri.

Sangat menggetarkan jiwa melihat anak Anda menjadi semakin mandiri, namun penting untuk membiarkannya mencapai perubahan besar pada fasenya. Tugas Anda? Berikan dukungan dan berikan contoh bagaimana cara melakukannya.

Lihat artikel sejenis: