Perawatan Bayi Prematur: Persoalan Umum Untuk Para Keluarga

Perawatan Bayi Prematur: Persoalan Umum Untuk Para Keluarga

Ketika bayi lahir prematur dan membutuhkan waktu yang lebih lama tinggal di rumah sakit, sah sah saja jika Anda mempunyai banyak pertanyaan. Ahli perkembangan anak, Suzanne Dixon, menjawab beberapa kegelisahan umum dan pertanyaan lainnya yang ditanyakan para orang tua dari bayi yang lahir prematur.



Keluar rumah sakit




Q: Kapan bayi prematur diperbolehkan keluar dari rumah sakit? Apa saja panduannya




A:
Bayi umumnya akan diperbolehkan pulang ke rumah setelah dua atau empat minggu sebelum batas hari yang ditentukan. Tetapi ada berbagai pengecualian.



Banyak faktor yang mendukung diperbolehkannya bayi prematur pulang ke rumah. Bayi bernapas, ada detak jantungnya, dan suhu tubuhnya harus stabil. Jika bayi Anda di awasi dari kemungkinan apnea (berhenti bernapas) atau bradycardia (detak jantung lemah) Anda harus mengenal bagaimana cara menggunakan alat pengawas dan merespon alarm yang berbunyi. Test pendengaran, test mata, dan test lainnya harus di lakukan sebelum bayi meninggalakan rumah sakit. Bayi Anda perlu di stabilkan berat badannya, jadi Anda harus bisa menambah berat badannya dengan apapun seperti ASI, ditempatkan dibotol, atau memberinya makan melalui pipa di perut, atau mengkombinasikan ketiga cara tersebut.



Orang orang yang berkunjung




Q: Bolehkan bayi saya di kunjungi orang ketika di rumah?




A:
Itu semua tergantung pada tingkat kekuatan bayi Anda, Anda mungkin perlu melarang orang untuk mengunjungi bayi Anda sementara waktu. Bayi yang sangat kecil yang selama di rumah sakit berada dalam masa karantina dengan tidak adanya pengunjung, dan bayi yang berat badannya sangat sedikit mungkin perlu dibatasi bertemu orang selama satu tahun atau lebih.


Membatasi orang yang berkunjung akan tidak nyaman, terutama ketika Anda ingin membagi kebahagiaan Anda dengan bisa membawa bayi Anda ke rumah. Tetapi ini sangat penting untuk membantu bayi Anda dari kuman berbahaya. Seseorang yang sedang flu atau batuk dapat berbahaya untuk bayi yang punya masalah paru paru yang mana itu adalah kondisi umum yang dimiliki oleh bayi prematur. Berinteraksi dengan anggota keluarga yang agak sakit dan perawat yang datang rutin akan diperbolehkan, tetapi perlu diingat ini berlaku hanya yang tinggal serumah dengan bayi tersebut. Membatasi pengunjung dapat mengurangi risiko rangsangan berlebih. Terlalu banyak di pegang, di ajak bicara, dan di ayunkan bisa membuat bayi Anda stres. Pastikan Anda mempunyai suatu kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga Anda untuk melihat bayi Anda.



Kunjungan Rutin




Q: Kapan saya bisa berhenti untuk membawa bayi saya ke klinik?




A:
Beberapa masalah belajar yang tersembunyi dan masalah persepsi tidak akan muncul sampai usia sekolah. Yang terbaik adalah tetap pergi ke klinik sampai Anda membuat bekal untuk makan siang ke sana.


Ingatlah bahwa kunjungan rutin itu penting sebagai sumber dukungan dan berguna untuk pendidikan.



Kesepakatan ulang tahun




Q: Manakah yang tepat, merayakan ulang tahun bayi kami pada saat ia di lahirkan atau setelah batas periode yang ditentukan?




A:
tanggal bayimu lahir adalah tanggal ia dilahirkan tetapi akan mungkin jika perkembangan bayimu mengikuti “umur yang seharusnya” (umurnya seperti dikoreksi semenjak ia lahir prematur). Mengapa tidak rayakan saja kedua tanggal tersebut , itu akan menjadi perayaan yang berarti ketika Anda merasakan sejauh mana yang telah Anda korbanakan!



Anggota keluarga lainnya




Q: bagaimana dengan anak anak saya yang lebih tua? Bayi saya yang baru lahir akan banyak menyita perhatian saya.




A:
Bayi yang lemah memang membutuhkan perawatan dan perlindungan yang ekstra dan itu adalah tantangan untuk anak Anda yang lebih tua. Silakan libatkan anak Anda dalam merawat adiknya. Mereka akan tahu bahwa terkadang emosi Anda akan naik dan turun dan libatkanlah anak Anda untuk membantu Anda dalam hal hal kecil. Memperhatikan bayi lahir prematur sangat menyita perhatian, jadi libatkanlah anak Anda seperti mengambilkan gambar mainan, mengambilkan baju atau mainan kecil lainnya. Biarkan mereka melihat saudaranya yang baru lahir sepanjang mereka sehat agar bayi Anda merasakan dukungan dari saudaranya. Di rumah, libatkanlah mereka untuk ikut merawat adiknya, contohnya seperti membantu adiknya mandi bersama Anda dan saat mengganti popok.



Jangan lupa untuk tetap menghabiskan waktu bersama mereka (anak anak yang lebih tua) tak peduli seberapa singkatnya waktumu. Berikan waktu untuk orang lain memperhatikan bayimu ketika Anda sedang bercengkrama dengan kakak kakaknya.

Perubahan perilaku seperti celana basah, susah tidur dan emosi yang cepat tersulut wajar terjadi pada anak Anda yang lebih tua. Anak anak Anda hanya mencoba menyesuaikan dengan keadaan seperti Anda. Jangan berharap mereka akan sangat amat menyukai adiknya – di pandangan mereka, bayi tidaklah menyenangkan karena akan banyak membuat masalah.



Risiko di masa yang akan datang




Q: Apakah anak saya yang selanjutkan akan prematur juga?




A:
Itu tergantung kepada bayi pertama Anda yang lahir. Wanita yang masih sangat muda, dan yang lebih dari 35 tahun dan mengandung anak kembar akan berisiko melahirkan secara premature.

Jika Anda tidak mempunyai risiko melahirkan prematur sebelumnya dan setelahnya melahirkan bayi prematur, kemungkinan besar bayi anda selanjutnya akan lahir mendekati perkiraan hari lahirnya dan prosentase nya yaitu bisa lebih dari 80%.



Lihat artikel sejenis: