Memberi Makan Anak Yang Baru Lahir: Pemberian Makan Pertama

Memberi Makan Anak Yang Baru Lahir: Pemberian Makan Pertama

Dalam satu jam pertama di lengan Anda, bayi akan siap untuk makanan pertama mereka. Apakah Anda memilih untuk memberi ASI atau tidak, Anda akan menghabiskan banyak waktu menyusui bayi Anda selama beberapa minggu pertama dan beberapa bulan.

Menyusui bisa menjadi hal yang paling alami di dunia tetapi tidak selalu yang paling mudah. Ini mungkin memerlukan waktu bagi Anda dan bayi Anda untuk membiasakan diri. Ingat, itu adalah pertama kalinya bagi Anda berdua.

ASI pertama Anda mengandung zat khusus yang disebut kolostrum. Ini adalah cairan kekuningan yang penuh protein dan berfungsi meningkatkan kekebalan dan antibodi bagi bayi.

Menyusui mungkin bisa jadi sulit, namun cobalah untuk tidak terlalu khawatir, bicaralah dengan dokter atau konsultan laktasi untuk meminta bantuan. Jika Anda tidak bisa menyusui, ada alternatif susu formula yang tersedia. Yang terpenting adalah agar bayi Anda mendapatkan nutrisi yang dia butuhkan.

"Keperawatan adalah pengalaman yang berbeda untuk setiap ibu dan bayi. Itu lebih menantang daripada yang saya pikir, dan saya merasa kesulitan dengan itu, lalu mendengarkan saran dari ibu lain dan perawat sehingga akhirnya memiliki cara yang sesuai untuk kami berdua. "

Karen, Ibu dari Dominic, 2 bulan

Tips ibu

  • Pemberian ASI yang baik adalah kunci. Tunggu sampai mulut bayi terbuka lebar dan kemudian bantulah ia mendapatkan ASI-nya.
  • areola harus dalam mulut bayi.
  • Kegiatan menekan pada areola adalah upaya untuk mengeluarkan susu.
  • Jika rasanya kurang pas, gunakan jari Anda untuk memberhentikan proses pemberian ASI dan cobalah lagi.
  • Setiap menyusui biasanya berlangsung antara 20-45 menit setiap 3 jam.
  • Periksa apakah bayi cukup makan dengan mencari tahu berapa lama Anda menyusui, pada bagian payudara yang mana, dan hitung popok mereka yang basah.
  • Dalam beberapa hari pertama, harus ada 1-3 popok basah per hari.
  • Sebuah popok dengan indikator kebasahan urin dapat membantu dengan ini.

Lihat artikel sejenis: