Mengatasi demam pada bayi yang baru lahir dan yang sudah beberapa bulan

Mengatasi demam pada bayi yang baru lahir dan yang sudah beberapa bulan

Demam merupakan pertanda bahwa anak Anda sedang melawan penyakit. Demam bukan berarti bahwa anak Anda sedang tersetang sakit yang serius. Demam dengan suhu rendah sampai menengah merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyakit umum yang menjangkiti anak kecil.


Demam pada bayi


Demam pada bayi adalah hal yang serius. Suhu 38 derajat Celcius diyakini terlalu tinggi. Tidak di anjurkan untuk memakai termometer telinga pada usia ini.


Yang bisa Anda lakukan


Jika suhu tubuh bayi Anda naik, lepaskan lapisan pakaiannya dan ukurlah suhunya antara selang 15 sampai 20 menit. Jika suhunya tidak kembali normal, ini tandanya Anda harus pergi ke dokter atau bidan. .


Yang perlu Anda katakan ke dokter atau bidan


Katakanlah apakan bayi Anda makannya normal atau tidak, mudah terbangun atau tidak, menunjukkan suatu tanda penyakit atau tidak. Katakan apakah bayi Anda pernah terkena penyakit seminggu atau dua minggu sebelumnya dan apakah ia punya penyakit kronis.


Demam pada bayi berumur beberapa bulan dan balita


Umumnya, demam dengan suhu lebih dari 39 derajat Celcius mengidikasikan ada penyakit serius di banding suhu di bawah 39 derajat Celcius tetapi bagaimana gerak gerik anak Anda akan lebih penting daripada ukuran suhu.


Yang bisa Anda lakukan


Jika bayi Anda berumur lebih dari 3 bulan, berikanlah acetaminophen untuk mengurangi demamnya jika Anda mau. Jangan pernah sekalipun memberikan aspirin ke bayi Anda. Mandi air hangat juga akan menurunkan suhu panasnya, jangan sampai ia kedinginan dan menggigil. Menggigil menandakan bahwa suhu tubuh semakin meningkat, yang tidak mungkin akan Anda inginkan.


Yang perlu Anda katakan ke dokter atau bidan


Perhatikanlah selau suhu tubuh anak Anda. Jika Anda semakin gelisah atau anak Anda terlihat sakit, segera bawa anak Anda ke dokter atau bidan.


Lihat artikel sejenis: