Mengganti popok bayi yang baru lahir: Perawatan tali pusar

Mengganti popok bayi yang baru lahir: Perawatan tali pusar


Dengan popok masa kini, hampir tidak mungkin anda dapat merasakan jika popok bayi anda basah. Coba dan rencanakan untuk mengganti popoknya setiap selesai menyusui pada masa awal, juga setiap kali setelah bayi anda buang air besar. Ketika tali pusar bayi anda belum lepas, gunakan popok berpotongan rendah (atau lipat popok yang biasa), dan pastikan membersihkan tali pusarnya dengan bola kapas basah atau usap ketika anda mengganti kain kasanya.

Berikut beberapa tips mengenai popok yang membantu.

  • Tissu basah dapat digunakan setiap kali anda mengganti popok, tetapi akan lebih berguna ketika popoknya sangat kotor.
  • Jika anda ingin, gunakan minyak atau jel petroleum untuk membantu mencegah ruam popok sebelum anda memakaikan popok yang bersih.
  • Pakaikan popok bersih kepada bayi anda dengan baik dan kencangkan pada bagian perut depannya.
  • Jika kulit bayi anda merah di sekitar pantat ketika anda mengganti popok, mungkin popoknya terlalu kencang atau anda perlu mengganti dengan ukuran yang lebih besar.

Jika anda mulai melihat popoknya sering bocor, ini mungkin waktu untuk mengganti ukuran popoknya dengan yang lebih besar.

 

Ketika tiba waktu untuk merawat tali pusar bayi anda, ingat-ingat petunjuk berikut.  

  • Merawat tali pusar bayi anda sampai terlepas dengan sendirinya (umumnya 10 hari sampai tiga minggu setelah kelahiran).
  • Balut tali pusarnya dengan kain kasa yang bersih, membersihkan dengan bola kapas basah atau usap setiap kali ganti popok biasanya cukup, tetapi konsultasi dengan dokter anak anda jika dokter memberikan saran lain.
  • Beri perhatian khusus pada area dasar tali pusar, dekat pangkal tali pusar. Usap dengan lembut namun seksama untuk membersihkan serpihan kulit lembab yang mungkin menumpuk di daerah tersebut.
  • Pastikan udara menyentuh tali pusarnya – gunakan popok berpotongan rendah (atau lipat tepi popok yang biasa) dan hindari pakaian ketat di sekitar perut bayi anda.


Baca lebih banyak tentang popok dan perawatan tali pusar dari Dr. Anthony Mancini.  


Lihat artikel sejenis: