Perawatan Kulit Bayi

Perawatan Kulit Bayi

Apakah ada yang lebih sempurna daripada kulit bayi Anda? Anda tidak dapat berhenti menyentuh dan membelainya. Bayi dan Anda sama-sama menyukainya.

Menjaga kulit lembutnya dari gangguan adalah tugas penting bagi orang tua. Berikut adalah apa saja yang perlu Anda ketahui dan lakukan.

Sentuhan lembut.

Walaupun kulit bayi terkenal lembut dan halus, kulitnya juga kuat dan elastis. Kulit adalah organ tubuh terbesar – sekelompok sel berkumpul bersama untuk membuat penahan yang tipis tetapi kuat. Kulit memperbarui sendiri secara terus-menerus seumur hidup, dan proses pembaruannya dimulai bahkan sebelum bayi lahir.

Tetap saja, kulit bayi yang baru lahir itu sempurna pada awalnya. Jangan khawatir dengan sejumlah kulit terkelupas, bercak-bercak merah, atau flek pada beberapa hari pertama setelah kelahiran, terutama di sekitar pergelangan tangan, lutut, dan kaki. Semua itu normal.

Setelah beberapa hari dalam seminggu, kulit bayi Anda akan menjadi lebih berisi dan lembut.

Pelembab

Untuk menjaga kesehatan kulit bayi, Anda perlu menjaga kehalusan dan kekuatan alaminya. Walaupun kulit bayi Anda tidak terkelupas, baik untuk menggunakan pelembab.

Anda dapat menggunakan produk bebas pewangi dengan bahan-bahan seperti minyak mineral atau petrolatum. Jika Anda membutuhkan rekomendasi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak.

Apa pun yang Anda pilih, tetap gunakan produk tersebut agar kulit bayi Anda tidak perlu beradaptasi dengan campuran bahan-bahan yang berbeda dari berbagai produk.

Perlindungan sinar matahari bagi bayi

Bayi usia berapa pun harus dihindarkan dari sinar matahari langsung. Bayi dapat terbakar sinar matahari hanya dalam 10 sampai 15 menit, bahkan pada hari berawan.

  • Perlindungan pertamanya berupa pakaian.
  • Pada hari yang hangat, kenakan pakaian berbahan katun ringan yang menutupi lengan dan kakinya.
  • Pastikan dia memakai topi bertepi lebar setiap keluar.
  • Hindari berpergian ketika sinar matahari paling panas, antara jam 10 pagi-3 sore.
  • Ketika di luar, jaga bayi Anda tetap teduh.

Akademi Ilmu Kesehatan Anak Amerika akhir-akhir ini memperbarui kebijakan tentang bayi dan pelindung matahari. Sekarang dikemukakan bahwa tidak ada pembuktian jika sedikit pelindung matahari pada bayi akan berdampak buruk. Tetapi lebih baik tidak mengandalkan pelindung matahari sebagai pengganti pakaian yang melindungi atau pelindung sinar matahari. Gunakan pelindung matahari untuk melindungi kulit bayi yang terpapar seperti area wajah, tangan, dan kaki.

Perawatan kuku bayi – lindungi kulit bayi dari cakaran.

Kuku bayi Anda yang mungil sangat tipis dan tajam dan tumbuh dengan sangat cepat! Anda mungkin perlu mengguntingnya dua kali seminggu.

Hal ini penting karena bayi yang baru lahir dapat mencakar wajahnya dengan kukunya sendiri.

Tips perawatan kuku

  • Gunakan kikir dan gunting kuku khusus bayi.
  • Untuk menghindari menggunting ujung jari ketika Anda menggunting kukunya, tekan buku jari dari kukunya ketika Anda menggunting.
  • Kuku jari kaki tumbuh lebih lambat dan umumnya sangat halus. Tidak perlu menjaganya tetap pendek seperti kuku jari tangan – cukup mengguntingnya sekali atau dua kali sebulan. Kuku jari kaki bayi mungkin tumbuh ke dalam, tetapi bayi jarang menderita hal tersebut.
  • Hubungi dokter anak Anda jika kulit di sekitar kuku jari kaki memerah, meradang, atau mengeras.

Perawatan kulit penis

Perawatan kulit penis bayi Anda yang baru lahir setelah sunat tidak sulit jika Anda tahu apa yang harus dilakukan. Untuk minggu pertama setelah operasinya, penis bayi Anda mungkin terlihat agak merah dan muncul koreng kekuningan.

Tips perawatan setelah sunat.

  • Jaga area alat kelamin bersih dengan menggunakan sabun yang lembut dan air setiap sehabis ganti popok.
  • Lapisi ujung penis dengan jel pelembab untuk melindunginya, dan balut dengan kain kasa lembut.
  • Dokter anak Anda akan memberi tahu berapa lama Anda harus membalutnya. Jika Anda curiga ada infeksi, kapan pun segera hubungi dokter anak Anda.

Jika bayi laki-laki Anda tidak disunat, bersihkan penisnya dengan sabun lembut dan air seperti membersihkan area alat kelamin dan pantat. Jangan mencoba menarik kulupnya – nantinya akan menarik dengan sendirinya, umumnya pada ulang tahun ketiganya.

Tips Mencuci Pakaian Bayi

Deterjen: Kulit bayi Anda mungkin sensitif terhadap bahan kimia pada baju barunya dan terhadap sabun dan deterjen yang melekat pada pakaian setelah pencucian.

  • Cuci semua pakaian dan kain linen baru sebelum dipakai bayi Anda.
  • Untuk beberapa bulan pertama, cuci pakaian bayi Anda terpisah dari pakaian lain.
  • Gunakan deterjen yang lembut dan bilas pakaian dengan teliti.

 

Kulit bayi itu lembut dan membutuhkan perhatian khusus, tips ini akan membantu memastikan kulitnya tetap terlindungi.


Lihat artikel sejenis: