Perawatan Tali Pusar Bayi Yang Baru Lahir | Pampers (ID)

Perawatan Tali Pusar Bayi Yang Baru Lahir | Pampers (ID)

Di sini Anda akan menemukan instruksi untuk merawat tali pusar bayi Anda – bagaimana cara menyembuhkannya, mengeringkannya, dan memotongnya dengan aman. Anda juga perlu untuk untuk mengidentifkasi tanda tanda infeksi dan mengetahui saat yang tepat untuk menghubungi dokter atau bidan.

Kiat-kiat untuk merawat tali pusar
Ikuti langkah langkah berikut untuk melindungi tali pusar bayi Anda.

  • Kapan pun Anda mengganti popok bayi Anda, lihatlah dengan seksama di bagian dasar tali pusar, bagian terdekat dari pusat perut. Sekalah dengan lembut dan bersihkan bagian sekiranya dari sepihan pelembab yang kering. Kapas bisa Anda gunakan untuk membersihkannya. Jangan khawatir kalau Anda akan melukai bayi Anda – tidak ada tali pusar yang tidak perlu di bersihkan.
  • Biarkan udara menjangkau tali pusarnya. Ini akan membuatnya cepat kering dan sembuh.
  • Jangan biarkan popok melekat di atas pusar. Anda bisa melipat popok ke bawah pusar atau Anda dapat menggunakan popok sekali pakai dengan memotong bagian atasnya.
  • Biarkan tali pusar putus dengan sendirinya. Dulu, membasuh pusar dengan alkohol banyak disaranakan. Data baru menunjukkan bahwa tali pusar putus lebih cepat jika kering secara alami.
  • Bayi yang lahir akan di lengkapi dengan “bawaan dalam” dan “bawaan luar”. Beberapa orangtua mencoba untuk menutupi pusar dengan koin, pembalut atau membungkusnya untuk menutupi apa yang bayi baru lahir bawa ke tubuhnya - ini tidak akan berhasil dan mungkin akan menyebabakan iritasi.
  • Ketika bayi yang baru lahir tetap mempunyai tali pusarnya, berilah bayi Anda spons pembersih untuk mandi daripada menenggelamkan tali pusar saat ia mandi ke air. Setelah tali pusarnya lepas, Anda baru boleh memandikannya di bak.

Mengidentifikasi tanda tanda bahaya

  • Jika di tali tali pusar terdapat cairan nanah berwana kekuningan , dan berbau menyengat, atau di sekitar area berwarna kemerahan dan bengkak, pusar bayi Anda mungkin terserang infeksi. Di saranakan untuk segera membawanya ke dokter atau bidan.
  • Warna kemerahan juga bisa dari keringnya tali pusar dan mengriritasi bagian sekitarnya. Untuk menentukan apa yang menyebabkan iritasi, bersihkanlah tunggul pusar bayi dengan lembut dari area yang berwarna kemerahan dan tandai bagian merah itu dengan pulpen. Tunggulah 30 sampai 60 menit untuk memeriksanya kembali. Jika kemarahan masih ada di area yang di tandai dan jika malah menyebar ke luar area yang Anda tandai, Anda harus segera menghubungi dokter atau bidan. Jika warna kemerahan hanya iritasi di tunggul pusar, itu akan membaik dengan sendirinya.
  • Terkadang, Anda mungkin bisa melihat pendarahan kecil di pusar. Ini adalah kejadian normal selama tidak terjadi di pembuluh darah. Jika Anda melihat ada pendarahan, pertama cobalah untuk menekannya perlahan. Jika darah tidak berhenti keluar selama 5 sampai 7 menit di tekan, segera hubungi doketer atau bidan.
  • Setelah tali pusar putus, pusar perut bayi Anda mungkin akan sedikit bengkak dan akan tetap mengeluarkan cairan sedikit. Ini di sebut umbilical granuloma. Dokter atau bidan akan memberikan Anda obat untuk mengeringkannya bernama silver nitrate.

Ikuti kiat kiat di atas secara cermat dan hati hati dan tali pusar bayi Anda akan kering dan putus dengan sendirinya beberapa minggu kemudian.

Lihat artikel sejenis: