Perkembangan Bayi Baru Lahir: Memahami Bayi Anda

Perkembangan Bayi Baru Lahir: Memahami Bayi Anda

Selamat menjadi orangtua! Walaupun sepertinya luar biasa, namun bayi Anda tidak selemah dan tidak berdaya seperti yang Anda kira. Dia mampu melakukan berbagai hal dan akan membantu Anda menjadi orangtua yang baik dengan memberikan Anda tanda tentang apa yang mereka butuhkan.

Kebutuhan utama bayi Anda
Saat ini, kebutuhan bayi Anda termasuk memberi makan, tidur dan diberi kenyamanan. Dia sedang belajar bahwa dunia adalah tempat yang bisa dipercaya untuk memenuhi kebutuhannya. Bayi, layaknya orang dewasa, datang dengan temperamen individual. Beberapa bayi memiliki pola makan dan tidur lebih banyak daripada bayi seumuran lainnya. Hal terbaik adalah dengan beradaptasi dengan jadwal bayi Anda. Dia masih perlu makan secara teratur selama 24 jam sehari. Sangat dimaklumi bahwa orangtua akan sangat kelelahan bertanya-tanya akankah mereka mempunyai waktu mereka sendiri lagi. Yakinlah, Anda akan memilikinya. Untuk sekarang, berikanlah waktu Anda untuk kebutuhan bayi Anda.

Luangkan waktu Anda untuk merawat bayi dan diri sendiri serta saling mengenal satu sama lain.

  • Bayi baru lahir belum bermain, namun mereka menikmati dunia dengan mata, telinga dan tubuhnya.
  • Luangkan waktu untuk berbicara dengan bayi Anda ketika dia terjaga. Dia sudah mengenali suara Anda sejak berada dalam kandungan, jadi mendengarkan suara ayah dan ibu akan membuatnya nyaman.
  • Dia dapat melihat dengan baik sejauh 8 sampai 10 inci di depannya, atau secara kasarnya jarak antara lengan dan wajah Anda. Dekatkan wajah Anda saat Anda menggendongnya, dan dia akan melihat ada saat Anda memeluk, berbicara dan bernyanyi untuknya.
  • Sangat dianjurkan untuk menidurkan bayi di tempat tidur, untuk menghindari membebatnya terlalu ketat atau membuatnya terlalu hangat, dan keluarkan semua peralatan tidur yang terlalu tebal ketika dia tidur. Ingatlah untuk menolong diri Anda sendiri dengan membatasi jumlah tamu yang tidak membantu seminimal mungkin, dan jangan khawatir dengan pekerjaan rumah.

    3 minggu
    Selama tiga minggu, Anda mugkin akan menemukan pola tidur dan makan bayi Anda, dan Anda akan terkejut dengan memulai mengantisipasi apa yang dibutuhkan bayi Anda. Bayi Anda sekarang:
    • lebih sering terjaga, bahkan mungkin akan terjaga selama satu jam penuh. Anda akan menyadari bahwa bayi Anda akan mempelajari wajah Anda, melihat Anda berbicara dan akan tenang saat mendengar suara Anda.
    • Membuat suara kecil untuk menunjukkan betapa senangnya dia ketika Anda berbicara dengannya. Bisikan kecil ini merupakan awal dari bahasanya. Pastikan untuk berhenti dan menjawabnya dengan sedikit percakapan.
    • AAkan sangat rewel pada penghujung hari. Hal ini terlihat bukan suatu kemajuan, tapi ini memang kemajuan! Seiring sistem saraf bayi Anda matang, dunia akan menjadi lebih menarik, dan bayi Anda akan membutuhkan istirahat dari semua ketertarikannya.
    • Lakukan kontrol di sekitar kepalanya. Dia mungkin tidak terlihat selemah sebelumnya, namun dia masih membutuhkan dukungan saat Anda menggendongnya.
    • Sekarang dia akan mampu untuk mengangkat kepalanya saat Anda menaruhnya di atas perut namun dia masih sering tidur dengan punggungnya.
    • JPerhatikan tangannya bergerak di depan wajahnya. Walaupun dia masih belum terlalu bisa mengontrol gerakan tangannya, dia akan mampu mengontrol matanya dan mampu mempelajari benda-benda di sekitarnya.
    • Tidur selama tiga atau empat jam untuk istirahat. Jika dia tertidur lebih lama dari itu, Anda harus membangunkannya untuk menyusuinya. 2 Bulan
      Bayi Anda masih membuat Anda menebak-nebak, namun kebiasaan tidur dan makannya menjadi lebih terprediksi. Seiring bayi Anda sembuh dari gejala-gejala bayi baru lahir pada umumnya, dia akan semakin terlihat sebagai model bayi umumnya. Dia akan lebih banyak tertawa, banyak “mengobrol”, dan menggoyangkan badannya ketika melihat Anda.
      Anda juga mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda.
      • Lebih tenang dengan ayah dan ibu dibandingkan dengan orang asing
      • Mempelajari Anda dan orang lain dengan sangat perhatian, terlebih sebelum dan sesudah menyusui.
      • Kontrol kepalanya sedikit lebih baik, selama Anda menggendongnya.
      • Suka digendong di pundak Anda atau didudukkan dengan ditopang antara ketiaknya.
      • Menahan kepalanya dan mendorong lengannya ke atas ketika sedang tengkurap. Pastikan ia mendapat banyak waktu saat tengkurap ketika dia terjaga untuk membuat kepalanya bulat dan bahu yang kuat.
      • Tidak sengaja berguling dari tengkurap ke telentang.
      • Meluruskan postur tubuhnya dan membuka tangannya lebih sering.
      • Menangkap dan memegang dengan tangannya, secara tidak sengaja maupun dengan perasaannya. Mainan akan menjadi bagian dari hidupnya! Menangis dan rewel akan semakin sering ke depannya, yang akan membuat Anda stres. Mintalah bantuan pasangan Anda atau seseorang yang Anda percaya. Membawa bayi Anda menggunakan gendongan, bahkan saat dia tidak rewel, akan menurunkan kadar menangisnya. Sekarang saatnya Anda memperhatikan mata bayi Anda untuk melihat warna matanya. Bayi Anda juga akan terlihat lebih gemuk dalam dua bulan, dan dia mungkin akan mempunyai dagu ganda dan lipatan paha. Ini adalah pertanda bahwa bayi Anda sehat dan cukup makan. Saatnya untuk pemeriksaan, jadi bersiaplah untuk menunjukkannya kepada dokter anak.

Lihat artikel sejenis: