Mandi pertama bayi

Mandi pertama bayi

Mandi pertama bayi Anda adalah peristiwa yang sangat penting. Ketika melakukannya, entah bagaimana dan di mana, banyak pertanyaan yang dipikirkan setiap orangtua baru. Memandikan bayi yang licin, menggeliat, dan kadang berteriak membutuhkan latihan. Jadi tenanglah. Memandikan bayi akan menjadi mudah setiap waktu dan bayi Anda akan segera senang bermain air.

Berapa kali Anda perlu memandikan bayi Anda?

Untuk bayi yang baru lahir, dua atau tiga kali seminggu mungkin cukup, selama Anda menjaga kebersihan popok bayi dan membersihkan tangan dan wajahnya beberapa kali sehari. Bayi yang baru lahir tidak kotor kecuali mereka muntah atau mengotori badan mereka sendiri.

Untuk bayi yang sudah agak besar, bisa jadi setiap hari adalah waktu mandi bahkan sering menjadi bagian dari rutinitas waktu tidur. Memandikan bayi bisa menjadi cara yang hebat untuk membantu bayi Anda tenang dan lelap pada malam hari.

Mandikan bayi Anda yang baru lahir dengan spons.

Sebelum tali pusar bayi Anda lepas (antara 10 hari sampai tiga minggu setelah kelahiran), memandikan bayi dengan spons adalah cara yang baik untuk menghindari tali pusar bayi Anda basah. Caranya seperti ini:

Mandi besar.

Ketika tali pusar bayi Anda sudah lepas, bayi Anda siap untuk mandi yang sesungguhnya dalam bak cuci atau bak mandi bayi. Apa pun yang Anda gunakan, lapisi dasarnya dengan handuk untuk membuat baknya lebih lembut. Anda mungkin butuh seseorang di dekat untuk membantu Anda memegang bayi yang licin. Siapkan semua yang Anda butuhkan sebelumnya sehingga Anda tidak akan kerepotan selama memandikan bayi Anda.

Berikut contoh daftar yang perlu disiapkan:

  • sikat atau sisir bayi. mb
Anda hanya perlu sekitar 5 cm air hangat untuk memandikan bayi. Cobalah letakkan lap mandi hangat di atas perutnya untuk mencegah bayi Anda kedinginan.

Saat memandikan awal ini tidak perlu lama atau merepotkan, tetapi yang penting dapat terlaksana dengan baik. Pegang bayi Anda dengan kuat dan bersihkan serpihan atau kulit mati yang menumpuk. Anda harus membelai kepala dan punggungnya ketika Anda membilasnya. Ketika Anda membilasnya perhatikan bagian-bagian berikut: :

Rambut Bayi Baru Lahir dan Perlakuan pada Kepalanya

Tidak semua bayi dianugerahi rambut lebat saat lahir. Jika bayi Anda berambut lebat, bersihkan rambutnya dengan shampo bayi yang lembut sesuai keperluan. Oleskan shampo secukupnya pada rambut bayi Anda, pijat dengan lembut, dan diamkan sejenak sebelum membilasnya. Bersihkan rambut bayi Anda terakhir sehingga bayi Anda tidak perlu terkena air yang berbusa.

Temperatur air untuk mandi bayi.

Kulit bayi Anda lebih sensitif daripada kulit Anda. Sehingga, air mandi yang hangat menurut Anda akan terasa terlalu panas untuk bayi Anda. Sebelum Anda meletakkan bayi dekat air, coba cek temperatur airnya dengan bagian belakang pergelangan tangan atau siku Anda: area ini lebih sensitif terhadap suhu panas daripada tangan. Airnya harus terasa hangat- bukan panas!

Yang terakhir, jangan panik jika bayi Anda menangis selama beberapa kali mandi pertamanya. Dia hanya merespons sensasi yang asing baginya. Jaga temperatur kamar tetap hangat, temperatur air mandi nyaman dan tenangkan dia dengan belaian dan nyanyian. Dia akan segera belajar untuk mencintai waktu mandi.


Lihat artikel sejenis: