Menjadi Seorang Ibu: 3 Tips Semua Ibu Baru Harus Tahu

Menjadi Seorang Ibu: 3 Tips Semua Ibu Baru Harus Tahu

Anda telah membaca banyak buku tentang menjadi orang tua yang baik, menjelajahi internet untuk mencari nasihat dan bertanya kepada dokter Anda. Menjadi ibu sangat mengasyikkan, tapi juga sekaligus menakutkan. Dunia keibuan selalu memberikan kejutan setiap saat, berikut ini adalah 3 nasihat kecil untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk kedatangan si kecil.

  1. Bayi tidak selalu tidur ketika lelah. Hal itu memang tidak masuk akal, akan tetapi bayi yang capek tidak selalu bayi yang tidur pulas. Bahkan, anak yang lelah akan biasanya cepat marah dan susah untuk diatur. Trik untuk ini adalah dengan memperhatikan tanda-tanda bahwa bayi Anda sedang lelah dan taruhlah mereka di tempat tidur mereka sebelum mereka terlalu ngantuk. Perhatikan jika mereka mulai mengepal tangan mereka, menguap, menggosokan mata, menendang-nendang, atau mulai menarik telinga. Ketika bayi baru Anda masih beberapa bulan umurnya, dia mungkin akan belajar menenangkan diri sendiri, dan hal tersebut akan membuat mereka tidur sendiri dengan lebih gampang.
  2. Hati-hati terhadap kuman. Walau paparan terhadap kuman di awal-awal dapat membantu menguatkan sistem imun mereka, Anda tidak ingin mereka sakit. Latihlah pengendalian kuman secara pintar dengan menuntut semua orang yang ingin memegang bayi Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Terlebih juga, jauhkan teman dan keluarga yang sedang sakit dari bayi dan basmilah kuman di rumah secara teratur. Akan tetapi, beberapa kuman tidak dapat dihindari dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan.
  3. Belajarlah beberapa teknik menenangkan bayi. Semua bayi berbeda dan menyukai hal berbeda, akan tetapi pijatan lembut mungkin saja merupakan cara efektif untuk menenangkan bayi Anda dan juga dapat memberikan kenyamanan ketika mereka sedang kesal. Usapkan losion pemijat di tangan Anda dan cobalah sentuh dahi, turun ke area sekitar hidung, pipi dan dagu, akhirilah di leher mereka. Cara lain untuk menenangkan bayi baru Anda adalah dengan meletakkan mereka di dalam ayunan ketika Anda melakukan aktivitas lain di rumah.

Sebagai ibu baru, wajar bila Anda khawatir. Ingatlah saja bahwa naluri Anda bisa menjadi senjata terbaik Anda. Setiap kali Anda harus menghadapi hal baru, setiap pengalaman akan membantu Anda menjadi ibu yang lebih percaya diri.

Lihat artikel sejenis: