Aktivitas bayi yang baru lahir: makan dan bermain

Aktivitas bayi yang baru lahir: makan dan bermain

Bayi baru lahir berinteraksi dengan Anda sepanjang waktu, mengeluarkan suara-suara kecil, bermain suara seperti mendengkur, dan tersenyum ketika dia melihat wajah dan mendengar suara Anda. Berikut beberapa cara untuk membuat waktu bermain bersama-sama makin menyenangkan.

Memukul lantai. Untuk membuat kegiatan ini lebih menarik, letakkan mainan berwarna-warni di depannya. Dia belum bisa meraihnya, tapi semua warna-warna cerah akan menyenangkan untuk dilihat. Mainan dengan musik dan lampu juga bisa menghibur, tapi hati-hati jangan sampai memberikan stimulasi berlebihan pada bayi Anda. Dia masih sangat kecil, jadi perkenalkan sesuatu secara perlahan dan lihatlah reaksinya.

Perlihatkan wajahnya. Pada tahap ini, bayi Anda mungkin mulai tertarik dengan cermin. Pasang cermin antipecah pada boks bayi Anda sehingga ia dapat melihat wajahnya sendiri. Selagi Anda berdua melihat ke cermin bersama-sama, bicara padanya dan tunjuk matanya, telinga, hidung dan mulut.

Bernyanyi dan bergerak. Pelan-pelan satukan tangannya untuk bertepuk tangan bersama lalu bacakan atau nyanyikan lagu anak-anak. Suara Anda adalah suara yang paling penting untuk dia, dan apa pun yang Anda nyanyikan adalah musik bagi telinganya

Membaca. Cari buku dengan pola kontras tinggi, agar lebih mudah baginya untuk melihat.

Mencari mainan. Bantu bayi Anda memfokuskan matanya dengan meletakkannya di lantai dan pegang mainan sekitar 25,4 cm di atas kepalanya. Pindah mainan perlahan-lahan dari sisi ke sisi dan biarkan dia ikuti dengan matanya.

Ketika Anda dan bayi menikmati kesenangan dan permainan tersebut, dia akan terus berkembang dan mencapai tonggak kehidupannya. Ayo anakku, ayo!

Lihat artikel sejenis: