Bagaimana balita belajar melalui permainan

Bagaimana balita belajar melalui permainan

Bermain mungkin adalah kegiatan yang paling penting bagi anak-anak. Ini "pekerjaan" mereka, pekerjaan penting mereka, dan cara mereka belajar!

Bagaimana anak-anak belajar?

Anak-anak belajar satu sama lain

Ketika anak-anak bermain dengan saudara dan teman-teman, mereka belajar satu sama lain. Ketika pertanyaan, tantangan, dan konflik terjadi, mereka berusaha untuk menyelesaikan masalahnya.

Ketika anak Anda bermain dalam kelompok yang terdiri dari berbagai usia, ia memiliki kesempatan untuk belajar dalam dua cara yang berbeda:

  1. Dengan meniru tingkah laku anak yang lebih besar,
  2. Dengan “mengajari” anak yang lebih kecil atau kurang berpengalaman.

Anak Belajar dengan Mempraktikkan

Belajar merupakan proses aktif. Lebih banyak pengalaman yang anak Anda hadapi, anak Anda akan semakin penasaran dan memiliki aneka kemampuan.

  • Memasak dan pekerjaan rumah : & nbsp; Anak-anak terkagum-kagum dengan pekerjaan yang dikerjakan orang dewasa, berikan anak Anda semangkok kecil adonan pancake dan beli sapu ukuran kecil sehingga anak Anda bisa ikut membantu menyapu lantai!
  • permainan di luar & mdash; berjalan dan memanjat & mdash; merupakan pengembangan kesehatan fisik yang penting, dan ini merupakan kesempatan baginya untuk mengamati alam.
  • Pembelajaran secara terbuka membuka kemungkinan anak Anda untuk mengekspresikan ide-idenya seperti:
    • Menjadikan kertas, pensil, krayon, gunting, lem, dan perekat untuk menggambar, menulis, dan membuat sesuatu
    • dari kotak karton dan benda-benda lainnya yang biasa ditemukan
    • penyangga untuk melukis dan cat air
    • Air, pasir, lilin yang bisa dibentuk, dan tanah liat untuk pengalaman sensoriknya
    • Mainan susun balok
    • properti baju, topi, dan alat peraga

Anak-anak Belajar Dari orang Dewasa dalam Kehidupan mereka

Kasih sayang tak terbatas dan dukungan yang Anda berikan sangat penting bagi tumbuh kembang bayi Anda to thrive and develop.

Hubungan Anda memberikan rasa aman dan penghargaan diri positif yang dibutuhkan bagi anak untuk belajar. Dengan dukungan emosional yang sesuai, Anda bisa membantu anak Anda mendapatkan pengalaman bermain (dan belajar) dengan mengikuti saran berikut ini:

Bantu anak Anda untuk menjadi pengamat yang baik

. Anak-anak belajar secara aktif dengan mengamati dunia di sekitar mereka.

  • Ajak jalan-jalan anak usia 3 tahun Anda ke tempat pembangunan, pancing ketertarikannya dengan kegiatan yang sedang berlangsung dengan berhenti untuk melihat dan berseru, "Wow! Lihatlah roda besar pada truk pengeruk itu. "

Sebagai model perilaku positif

Salah satu cara yang paling ampuh bagaimana anak belajar dengan mengikuti contoh dari Anda. & Nbsp; di mana proses ini terjadi secara alami dan hampir tidak disadari

Misalnya, ketika anak melihat Anda membaca secara teratur, ia akan ingin ikut membaca dan minta dibacakan. Membaca merupakan salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan dengan anak Anda!!

Gunakan bahasa positif

. Semua orang akan merespon bahasa positif dengan lebih baik daripada yang negatif. Daripada memberikan perintah atau larangan (“Jangan lempar bolanya ke sana!”) tawarkan saran yang bisa dilakukan anak Anda (“Di sana tempat yang bagus untuk melempar bola”).

Bermain merupakan pekerjaan masa kanak-kanak. Hal ini merupakan cara anak Anda belajar tentang dunia dan cara untuk berbaur dengannya. Saat Anda mendukung anak dalam pekerjaan menantang ini, maka pekerjaan anak Anda akan menjadi permainan baginya.

Lihat artikel sejenis: