Berlatih Menidurkan Bayi

Berlatih Menidurkan Bayi

Topik tentang “tidur” selalu menjadi salah satu topik perbincangan hangat diantara para orang tua baru. “Apakah Anda tidur cukup?” teman-teman dan keluarga Anda akan bertanya. “Apakah bayi Anda tidur semalaman?” Bahkan pertanyaan-pertanyaan tersebut cukup memicu stres!

Jika Anda peduli untuk mengembangkan beberapa kebiasaan baik dan ritual sederhana ketika bayi Anda mulai tertidur, Anda akan mengetahui bahwa bayi Anda akan segera mulai tidur lebih lama.

Membangun kebiasan baik
Bayi Anda akan terbiasa tidur di manapun Anda meletakkannya, entah itu di boksnya atau di kasur bersama Anda.

Pada usia 4 bulan, dia berada pada usia di mana dia perlu konsistensi. Jika dia tertidur dalam pelukan Anda atau pada kasur Anda, maka kemudian dia akan selalu berharap tidur pada tempat tersebut setiap malam.
Jadi, jika Anda ingin dia tidur di tempat tidurnya sendiri, maka letakkan dia di tempat tidur ketika dia masih terjaga.

Area tidur bayi Anda harus bersih dari:

  • Banyak bantal
  • Selimut berbulu
  • matras dengan jarang yang terlalu lebar antara bayi dan permukaannya
  • asap
  • orang dewasa di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan

Kembangkan rutinitas
Pola tidur bayi yang masih kecil: Bayi Anda akan memiliki siklus tidur ringan setiap dua sampai tiga jam sebagai bayi yang masih kecil, tetapi mulai sekarang dia akan belajar bagaimana cara tidur sampai terlelap dengan sendirinya.

Pola tidur bayi: Penelitian menunjukkan bahwa mulai usia 4 bulan, otak bayi sudah cukup matang untuk tidur 6 sampai 12 jam tanpa terbangun sama sekali.

Ritual adalah bagian penting dari program penyesuaian tidur bayi Anda – ritual dapat membantu bayi Anda tertidur pada tempat pertama sehingga mereka dapat kembali tertidur sepanjang malam.

Rutinitas waktu tidur Anda mungkin termasuk:

  • ayunan di kursi spesial
  • lagu atau nina bobo*
  • kaset musik
  • gendongan dengan selimut spesial

Sekali bayi Anda menemukan caranya sendiri untuk tidur dengan sendirinya sepanjang malam, Anda berdua akan tidur lebih nyenyak. Sehingga, walaupun mungkin sulit, tetap tidur di kasur Anda daripada langsung melompat bangun ketika mendengar rengekannya, memberi bayi Anda waktu untuk kembali tertidur dengan sendirinya.
Lebih cepat Anda memulai ritual waktu tidur bayi Anda akan lebih baik – baik bagi Anda dan bayi Anda. Bayi Anda akan tahu apa yang harus diperbuat dan akan terbiasa dengan ritual dan tempat tidur sehingga dia dapat menyesuaikan diri lebih baik.

Rangsangan lebih untuk tidur:

  • Jika Anda masih mengalami sulit tidur, Anda juga dapat mencoba saran berikut dari Dr. Suzanne Dixon
  • . Pelajari jawaban dari kebih banyak pertanyaan tentang pola tidur anak di sini.

*Tentang lagu nina bobo...
Apakah Anda tahu bahwa lagu nina bobo dari seluruh dunia memiliki karateristik musik yang hampir sama, walaupun lirik, bahasa, dan melodinya berbeda? Untuk membantu menenangkan bayi Anda baby sebelum waktu tidur, nyanyikan lagu nina bobo untuknya.

Lihat artikel sejenis: