Mengatasi rasa takut: berurusan dengan kegelisahan anak

Mengatasi rasa takut: berurusan dengan kegelisahan anak

Kebanyakan balita mengalami ketakutan yang sebenarnya bisa diprediksi di mana itu berfungsi untuk menjaga mereka tetap aman. Banyak anak usia ini takut suara keras, kerumunan besar, orang-orang baru, dan bahkan hal-hal yang menurut orang dewasa tampak tidak berbahaya, seperti memberi makanan hewan

Hargai perasaan anak Anda. Dorong dia untuk mencoba hal baru dengan melihat reaksinya ketika melakukan hal baru dan ikuti kemauannya. Tetaplah dekat dengannya setiap saat. Contohnya, jika Anda melihat seseorang berjalan dengan anjingnya, tanyakan pada pemiliknya apakah aman untuk memegang anjingnya. Lalu pegang tangan anak Anda dan tunjukkan padanya bagaimana berdekatan dengan hewan. Jika dia menolak, mundurlah. Memaksanya dalam situasi asing sebelum dia siap akan menambah kecemasannya dan kehilangan kepercayaan pada Anda.

Anak-anak tidak belajar ketika mereka takut. Ketika dia santai dan bebas dari tekanan, balita akan melihat reaksi Anda pada situasi yang aneh, dan kemudian mengikuti tindakan Anda. Jadi perlihatkan antusiasme dan berikan dukungan pada anak Anda. Biarkan dia menikmati waktunya dalam situasi baru, dan tetap berada di sana untuk menunjukkan cara yang benar padanya.

Lihat artikel sejenis: