Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir: Radang Kulit Bayi dan Kulit Kering

Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir: Radang Kulit Bayi dan Kulit Kering

Siapa yang tidak pernah khawatir akan kulit yang kering? Dan siapa yang tidak pernah mengoleskan krim atau lotion untuk mengobatinya? Kulit kering adalah kondisi yang sangat umum. Dan siapa pun yang tinggal di daerah dengan iklim kering atau mempunyai sejarah keluarga dengan kulit kering akan selalu mengeluh tentang kulit mereka.

Walaupun tidak nyaman, perawatan kulit kering sebenarnya lebih menyangkut penampilan daripada masalah kesehatan. Namun kadang-kadang, memang kulit sangat kering bisa terasa gatal, yang dapat menyebabkan siklus gatal dan menggaruk-"kegiatan menggaruk tanpa henti" -dapat menyebabkan infeksi kulit atau meninggalkan bekas.

Fakta Tentang Eksim, atau alergi kulit, sering dikaitkan dengan kulit kering; kenyataannya, itu kondisi kulit yang paling umum terjadi pada anak-anak. Biasanya dimulai ketika anak masih bayi, tapi mungkin juga mulai saat balita atau umur sebelum sekolah. Eksim-merah, kulit bersisik kulit yang sangat gatal-muncul paling sering pada anak-anak dengan riwayat keluarga yang punya penyakit eksim atau reaksi alergi lainnya, termasuk asma dan alergi debu.

Bayi paling sering mengalami eksim pada wajah, kaki, dan lengan. Pada balita s atau anak-anak yang lebih tua , biasanya muncul di lipatan lutut dan siku. Gatal mungkin cukup parah dan sering mengganggu tidur anak yang terkena dampak. Gatal yang tidak berhenti juga bisa berakibat kulit kemerahan dan dapat berakibat ke infeksi kulit dengan virus atau bakteri .

Mengobati Kulit Kering dan Eksim
Pengobatan yang paling penting (dan tindakan pencegahan) untuk kulit kering dan eksim adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Mandikan anak Anda setiap hari dengan air yang hangat dan tidak lebih dari 10 menit, dan oleskan pelembab yang banyak agar kulit tetap lembab.

Pelembab yang baik mengandung salep berminyak seperti minyak jeli dan krim. Krim paling efektif biasanya dalam bentuk tub, jika Anda harus menuangkan nya dari botol, krimnya tidak akan seefektif krim tub. Mandi terlalu lama juga dapat membuat kulit kering dan memperburuk keadaan. Anak-anak dengan eksim juga sering diobati dengan salep steroid hangat, yang dapat diresepkan oleh dokter anak atau dokter kulit. Salep ini membantu untuk mengurangi peradangan dan gatal, dan bekerja sangat baik bila digunakan bersama dengan pelembab. Antihistamin juga membantu mengurangi rasa gatal, dan kadang-kadang antibiotik diperlukan jika kulit terinfeksi.

Cara lain untuk mengatasi kulit kering dan eksim adalah dengan menggunakan alat pelembab di kamar tidur anak, hindari kain wol dan serat sintetis untuk pakaian anak, dan gunakan deterjen bebas pewangi dan sabun. Meskipun saat ini tidak ada obat untuk eksim, obat baru sedang diteliti untuk memastikan tingkat keamanan dan efektivitasnya . Terlebih lagi, sekitar 60 persen bayi mengatasi eksim pada hari ketiga mereka terlahir, dan 85 sampai 90 persen pada saat mereka remaja.

Kondisi lain yang berhubungan dengan kulit kering dapat muncul pada penderita eksim.
Ichthyosis vulgaris adalah jenis kulit bersisik yang berbentuk poligon dan biasanya muncul pada bagian bawah kaki. Bayangkan apa yang terjadi ketika sebuah kolam lumpur mengering dan retak.

keratosis pilaris adalah adalah kondisi umum kulit yang ditandai dengan benjolan kulit yang kasar (hampir sama dengan ampelas) di lengan atas bagian luar, paha dan pada bayi s, pipi. Kedua kondisi ini cenderung memburuk di musim dingin dan agak membaik di musim panas.

Pityriasis alba kulit biasanya akan muncul bintik-bintik putih pada pipi dan biasanya akan sangat kentara menjelang akhir musim panas karena bagian yang terkena akan menjadi tidak secokelat kulit sekitar. Bintik putih juga biasanya muncul ketika radang pada bagian tersebut mulai sembuh, dan berakibat pada hilangnya pigmen untuk sementara.

Pengobatan untuk semua kondisi ini biasanya dengan kelembaban kulit yang baik. Pelembab khusus yang mengandung asam alpha-hydroxy dapat mengobati penyakit ichthyosis and keratosis pilaris dan penggunaan krim tabir surya juga dapat membantu menutupi pityriasis alba. Semua kondisi ini akan berkurang ketika anak semakin besar, tapi kadang kala bisa juga penyakitnya bertahan sampai mereka dewasa.

Lihat artikel sejenis: