Sosok ayah yang diharapkan: bersiaplah menjadi orangtua

Sosok ayah yang diharapkan: bersiaplah menjadi orangtua

Meskipun perubahan besar sebagai ibu yang diharapkan itu sangat terlihat nyata, seorang ayah juga banyak mengalami perubahan sembari menunggu bayinya yanga kan lahir. Inilah waktunya untuk menyesuaikan sebagaimana suami Anda akan merubah perannya dan hubungannya dengan istrinya dan anak kalian yang lain untuk memberi ruang baru kepada yang akan lahir.

Beberapa ayah akan mengubah penampilannya seperti menumbuhkan jenggot, yang lainnya mungkin mereka akan mengambil pekerjaan tambahan untuk mendukung keuagan keluarganya. Beberapa yang lain masih berkutat dengan memperbaiki rumah atau mengambil pekerjaan baru. Para ayah akan berpikir tentang ayah mereka dan bertanya pada dirinya sendiri apakah mereka akan bisa berbuat sama seperti mereka. Sebagian besar akan merasa sangat cemas, meskipun pria menyembunyikan kecemasannya itu dengan berbagai cara. Perasaan yang terbawa ini akan menciptakan penyesuaian, ia akan mempunyai
bayi dan menjadi ayah. Ini adalah hal yang umum dialami.

Seorang ayah adalah sosok penting bagi kehidupan anak dimulai sejak bayi Anda baru lahir. Banyak calon ayah yang sudah “bermain” dengan anaknya sebelum
lahir dengan berbicara kepadanya dan bernyanyi atau dengan memijat perlahan perut istrinya. Bayi Anda akan mengenali suara ayahnya ketika lahir jika ayahnya begitu dekat dengannya.

Bayi dengan ayah yang ikut terlibat menunjukkan hasil yang positif. Bayi laki-laki maupun perempuan akan lebih mudah lahir, mengenali sosok ayahnya di dalam perkembangannya dan menjadi lebh baik di kelas jika ayahnya ikut terlibat dalam belajarnya.

Ayah bukanlah seorang ibu (dan kita seorang ibu tidak ingin seperti itu!)

Ayah mengajak bayinya berinteraksi dengan cara yang berbeda dengan berinteraksi dengan ibunya. Si usia kehamilan 4 minggu,
bayi Anda akan bereaksi unik terhadap ayahnya. Ia menebak nebak dan wajahnya akan penuh antisipasi; alisnya naik, mulutnya terbuka, matanya bersinar. Ia siap untuk bermain. Permainan, cerita, sapaan, dan tertawaan diantara mereka agak berbeda jika bayi bersama ibunya.

Ayah dan ibu akan mempunyai cara khusus untuk
mengasuhnya. Orangtua akan memberinya sudut pandang kehidupan dan memberinya kemampuan berbeda untuk di setiap bidang. Bersamaan dengan mempraktekkannya dengan merawat bayinya dengan cara mereka sendiri, dan belajar dari kesalahan. Tiap orangtua membutuhkan waktu untuk mencoba beberapa keahlian ini.

Bersamaan dengan datang ke kelas persiapan bayi sebelum lahir dan sedikit membaca, ayah dapat menjawab beberapa pertanyaan ini seputar cara untuk berperan sebagai ayah:

  • Bagaimana Anda bermain dengan bayi Anda ketika ia di dalam kandungan? Bagaimana reaksi bayi Anda? Apakah Anda punya lagu khusus untuk bayi Anda?
  • Seberapa jauh Anda ingin terlibat untuk peduli terhadap perkembangan fisik anak Anda? Peran apa yang ingin Anda jalanakan untuk merawatnya? Kapan Anda akan melakukannya?
  • Apa saja ajaran yang ingin Anda tiru dari ayah Anda? Apa saja ajaran yang ingin Anda lakukan secara berbeda dari ayah Anda?
  • Sudahkah Anda merubah penampilan Anda? Bagaimana gambaran seorang ayah yang baik menurut Anda? * Apakah anak Anda akan memakai nama Anda, memakai pakaian bayi Anda, dan bermain dengan mainan lama Anda? Ataukah Anda ingin membuat awal yang baru?

     

Ayah menawarkan hubungan yang berbeda. Sebagai ayah, semakin banyak Anda bermain, belajar, dan berinteraksi dengan bayi Anda, semakin dekat hubungan Anda dengannya.

 

Lihat artikel sejenis: