Jadwal Makan Balita: Mulai Makan Makanan Padat

Jadwal Makan Balita: Mulai Makan Makanan Padat

Meskipun ASI atau susu formula akan selalu penting bagi bayi setidak-tidaknya untuk beberapa bulan ke depan, sekarang waktunya untuk memperkenalkan makanan padat. Mulailah secara perlahan-lahan. Orang dewasa sangat menyukai variasi makanan, tetapi bayi memerlukan bantuan dalam memakan makanan itu.

Cobalah tips berikut:

  • Mulailah dengan sereal.
    Sereal panas sudah diperkaya merupakan sumber zat besi dan berbagai vitamin B, juga sumber kalori yang diperlukan bayi. Memakan sedikit sereal (nasi atau dicampur dengan ASI atau formula) sebanyak satu sendok dua kali sehari akan menolong bayi belajar makan makanan padat.
  • Beralih ke sayuran, kemudian buah-buahan.
    Bayi cenderung memerlukan citarasa pada sayur-sayuran kalau Anda tidak memberikan makanan manis. Mulai dengan menawarkan bubur sayuran, seperti kacang hijau atau kacang polong pada tengah hari; nantinya tambahkan buah parut atau tumbuk (pisang, bubur apel tanpa pemanis) di pagi hari.
  • Periksalah apakah ada alergi atau tidak.
    Nantikan lima sampai tujuh hari sebelum memperkenalkan menu baru sehingga Anda yakin bahwa bayi tidak terpengaruh karena makanan yang diberika sebelumnya.
  • Pada waktu makan, peganglah bayi pada posisi tegak di pangkuan atau di kursi bayi.
    Gunakan sendok kecil. Kalau bayi mengeluarkan lidah keluar, coba lagi beberapa kali, tetapi kalau masih juga menolak dengan mengeluarkan lidahnya, hentikan dan hentikan selama kurang lebih seminggu atau lebih. Dengan bertambah usia si bayi, kebiasaannya menjulurkan lidah menolak makanan akan berhenti menghilang.
  • Hindari menyuapi sereal menggunakan botol.
    Bayi perlu belajar cara menggunakan mulutnya untuk makanan padat.

Bersabarlah ketika menyuapi dan yakinlah bahwa pada akhirnya bayi akan belajar makan. Bukan orangtua saja memerlukan belajar makan!

Lihat artikel sejenis: