Menyapih: kapankah menyapih bayi untuk menghentikan pemberian asi?

Menyapih: kapankah menyapih bayi untuk menghentikan pemberian asi?

Jika Anda masih memberi ASI, Anda tahu bahwa memberi ASI merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman yang mengasyikkan yang menjadikan Anda semakin dekat dengan bayi Anda. Bahkan hal yang baikpun harus berakhir jadi bagaimana Anda mengetahui kapan harus menyapih.

 


Tak usia istimewa kapan Anda harus menghentikan pemberian asi kepada bayi Anda.Selama Anda dan bayi senang Anda dapat meneruskan memberi asi pada bayi Anda sampai masa ia mulai belajar berjalan. Layak pula diperhatikan kalau diberi waktu cukup, semua bayi akan menyapih sendiri secara alamiah, secara gradual mengurangi menyusu dan baru pada akhirnya berhenti menyusu. Sementara itu mulai menerima makanan keras hingga akhirnya mereka tidak lagi menyusu lagi.


Berikut ini tiga tanda bahwa menyapih sudah dimulai secara alamiah:


1. Bayi telah menjadi terlalu sibuk sehingga tidak berkesempatan lagi mencari susu ibunya.
Sekali anak Anda banyak bergerak ia akan menjadi terlampau sibuk untuk duduk diam dan menyusu terutama di siang hari. Jangan heran kalau ia masih mendesak-desakkan hidungnya pada ibunya sebelum tidur atau ketika ia merasa memerlukan kenyamanan.


2. Selera bayi beralih ke makanan padat.
Sekali bayi kecil Anda menemukan makanan keras, ia mulai kehilangan minat pada asi ibunya. Ia akan lebih menyukai citarasa tekstur makanan baru yang Anda tawarkan kepadanya. Akan tetapi ingatlah bahwa makanan padat seharusnya tidak menggantikan asi atau formula sebelum ulang tahun pertama bayi. Sebaliknya, Pikirkanlah makanan padat sebagai makanan tambahan terhadap ASI dan susu formula hingga bayi berusia satu tahun.


3. Gaya hidup Anda telah mengalami perubahan.
Bayi Anda bukan satu-satunya yang termasuk dalam gaya hidup Anda. Suatu kehamilan baru, suatu perubahan dalam situasi pekerjaan, perubabahan jadwal, aktivitas baru, atau sekedar menghentikan pemberian asi kepada bayi--- semua ini merupakan alasan valid untuk menghentikan pemberian asi kepada bayi.

 

Kalau Anda menghentikan pemberian ASI kepada bayi atau kalau bayi sendiri berhenti menyusu , janganlah lupa bahwa sistem pencernaannya yang masih sangat halus belum siap untuk menerima susu sapi sampai berusia satu tahun. Sampai dengan waktu itu, tawarkan kepadanya asi atau formula dalam botol atau cangkir, untuk menambah di samping makanan padat (solid food). Bukan masalah kapanakah sapih itu mulai, atau bagaimana terjadinya,, perhatikan transisi ini sebagai suatu langkah positif dalam hidup dan perkembangan hidup bayi Anda.

 


Lihat artikel sejenis: