Tips Keselamatan untuk Bayi yang Aktif

Tips Keselamatan untuk Bayi yang Aktif

Walau tidak ada apa pun yang dapat menggantikan pengawasan orangtua, tujuh tips dasar ini akan memastikan bahwa Anda dan rumah Anda akan siap ketika sang bayi mulai merangkak.

  1. Menunduklah setara dengan bayi– secara harfiah. Merangkak di sekitar rumah Anda akan membantu Anda melihat mana objek yang masih dalam jangkauan bayi. Sebagai contoh, merangkak di bawah meja dapat mengingatkan Anda lagi terhadap stop kontak listrik di bawah meja yang bisa ditutup.
  2. Tutuplah tangga.
  3. Potonglah kabel. Pastikan semua kabel tidak akan bisa dijangkau, termasuk monitor bayi dan telepon. Lebih baik lagi jika Anda mulai memakai gorden tanpa tali atau penutup jendela.
  4. Amankan objek-objek berat dan besar. Ketika bayi Anda mulai merangkak, mereka akan menarik objek ke arah dirinya. Pastikan objek seperti TV dan rak buku tertempel di dinding atau lantai.
  5. Kunci semua benda yang berpotensi bahaya. Garasi, ruang bawah tanah, kamar mandi, ruang olahraga dan ruangan kantor di rumah adalah semua ruangan yang mempunyai banyak objek yang berbahaya bagi bayi Anda. Lemari yang berisi alat-alat pembersih, cat, perkakas berat, timbangan, semua barang-barang kimia yang sekecil apa pun harus dikunci dan ditaruh di tempat yang tidak dapat dijangkau.
  6. Amankan setiap sudut dan aliran listrik dari bayi.
  7. Ajarkan cara jalan yang aman.

Lihat artikel sejenis: