Mengatasi diare: meringankan rasa sakit anak Anda

Mengatasi diare: meringankan rasa sakit anak Anda

Diare adalah suatu penyakit di mana seseorang buang air besar cair yang biasanya berlangsung selama seminggu. Diare dapat disebabkan karena penyakit atau sesuatu yang dimakan anak Anda. Berikut cara untuk meringankan rasa sakit anak Anda.

Penyumbat
Masalah utama yang disebabkan oleh diare adalah kekurangan cairan yang dapat mengakibatkan dehidrasi. Untuk mengganti buang air besar yang lembek dan cair, berikan anak Anda sedikit tambahan air, ASI atau susu formula setiap kali makan. Jika bayi Anda makan makanan padat, berikan dia makanan yang berfungsi sebagai “penyumbat”. Seperti sari apel, pisang, nasi, atau kentang. Hindari jus buah.

Berikan tambahan asupan elektrolit
Jika feses anak Anda sangat cair, gunakan salah satu pengganti elektrolit siap pakai secara berkala (setiap 15 sampai 30 menit), dalam jumlah kecil (satu sendok makan) selama 24 jam. Jika Anda masih menyusui bayi, tetap susui bayi Anda.

Merah dan hijau
Jika feses anak Anda berwarna hijau, cair dan keluar dalam jumlah banyak, itu berarti fesesnya telah melewati bagian ujung usus halus dengan sangat cepat. Jenis diare ini, entah ringan atau akut, cenderung mengiritasi kulit anak Anda. Jika ada darah dan nanah pada feses anak Anda berarti anak harus segera mendapat penanganan medis (kecuali jika darahnya dalam jumlah kecil yaitu darah segar yang berasal dari robekan kecil kulit di dalam anus).

Jaga anak Anda tetap kering dan bersih
Diare, entah ringan atau akut, akan mengiritasi kulit halus di sekitar pantat anak Anda. Anda dapat menenangkan anak dengan menjaga area tersebut bersih dan terlindungi dengan jel pelembab. Gunakan popok dengan kualitas serapan tinggi untuk menjaga anak Anda sebisa mungkin tetap kering dan untuk mencegah mencret.
Menjaga asupan cairan anak Anda adalah kunci mengatasi diare.

Lihat artikel sejenis: