Penyakit Pada Bayi dan Balita: Langkah-Langkah Pencegahan

Penyakit Pada Bayi dan Balita: Langkah-Langkah Pencegahan

Pilek mungkin adalah penyakit yang paling sering diderita anak Anda. Pada umumnya, anak di bawah tujuh tahun terserang pilek tujuh sampai sepuluh kali setiap tahun, setiap pilek berlangsung selama satu sampai dua minggu. Anak di atas enam bulan umumnya tidak perlu diperiksa dokter saat pilek kecuali Jika telinganya sakit, sakit tenggorokan atau demam lebih dari 38,9 derajat celsius yang berlangsung lebih dari sehari atau dua hari.

Fakta lainnya: Tidak ada obat untuk pilek biasa. Penelitian menunjukkan bahwa obat batuk dan radang tidak benar-benar efektif mengurangi gejala atau durasi pilek. Antibiotik tidak diperlukan untuk pilek yang tidak parah karena mungkin malah akan menginfeksi anak Anda di mana bakteri justru kebal nantinya. Solusinya: banyak minum dan istirahat.

Gejala-gejala umum

  1. Demam. Demam mungkin terjadi bersamaan dengan pilek atau penyakit lain yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Anda dapat menunggu sehari atau dua hari untuk melihat apakah gejala dan keluhan berkembang sebelum pergi ke dokter untuk menyembuhkan demam balita Anda. Demam di bawah 38 derajat celsius umumnya tidak perlu mendapat perawatan medis kecuali jika anak memiliki riwayat dengan serangan demam yang hebat. Jika anak Anda makan dan tidur teratur dan tetap ceria, Anda hanya perlu mengawasi dan menunggu.
  2. Diare. Umumnya diderita anak kecil, diare biasanya disebabkan oleh virus. Jika berlangsung lama dan parah, dapat menyebabkan dehidrasi, sesuatu yang bahaya dan sebenarnya dapat dicegah. Jika anak Anda mencret setiap satu sampai dua jam atau lebih dalam delapan jam, Anda perlu menemui dokter anak Anda. Jika diarenya terjadi kurang dari enam kali sehari dan anak Anda minum banyak cairan dan masih ceria, Anda dapat menunggu satu atau dua hari untuk melihat apakah dia membaik sebelum ke dokter. Lanjutkan memberi makan yang biasa diberikan, tetapi hindari makanan yang dikeringkan atau makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan atau brokoli.

Waktunya untuk bertindak
jika anak Anda berusia di bawah enam tahun dan pipis kurang dari empat kali dalam 24 jam, bibir kering, memproduksi sedikit air mata ketika menangis, terlihat sangat lesu, dia terkena dehidrasi. Jika anak Anda buang air besar cair berdarah atau bernanah atau disertai demam lebih dari 39,4 derajat celsius, temui dokter anak Anda.

Bagaimana cara membantu
Anak berusia tiga tahun ke atas yang sering malu karena diare, terutama jika mereka ketahuan mencret. Beri tahu anak Anda jika hal tersebut terjadi pada banyak anak, dan jangan pernah marahi jika dia mencret. Jika pantatnya teriritasi, bersihkan dengan baik dan oleskan jel petroleum tipis-tipis. Anak-anak dapat melakukannya sendiri dengan pengawasan. Jaga temperatur ruangan dengan menjaga ruangan tetap kering dapat mencegah dehidrasi tanpa membuat anak Anda sering-sering ke kamar mandi.

Langkah-langkah pencegahan
Akan sangat menyenangkan jika kita dapat mencegah semua penyakit. Walaupun mustahil, tapi masih mungkin untuk mengurangi terjadinya banyak penyakit. Kebiasaan mencuci tangan adalah cara terbaik. Ingatkan anak Anda untuk mencuci tangannya sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah mengusap hidungnya. Langkah-langkah lain yang bisa dilakukan termasuk menjaga rutinitas tidur yang teratur bagi anak Anda, memberikan berbagai macam makanan sehat, dan memastikan dia sering berolahraga.

Hikmahnya
Pada sisi positifnya, penyakit-penyakit ringan pada anak membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat yang akan berguna selama masa hidupnya. Selain itu, penyakit ringan memberikan waktu bagi anak Anda mempelajari tubuhnya, apa itu kuman, dan bagaimana mengobatinya. Dia mungkin akan sangat tertarik mengapa hidung meler dan buang air besar sangat sering. Anda dapat membantu anak Anda merasakan bagaimana tubuh bekerja dan menyembuhkan, bagaimana hari ini lebih baik daripada kemarin, dan bagaimana semua yang sakit kemarin sekarang sembuh. Hal ini dapat mengasah perasaan tentang dirinya sendiri dan pemahaman bahwa sakit adalah bagian yang dapat di atasi dalam hidup. Membantu anak usia prasekolah Anda mengetahui hal tersebut dapat membantunya belajar dan tumbuh.

Jangan lupa berikan pelukan
Penyakit membuat anak Anda merasakan ritual keluarga seperti lebih banyak bantal, kompres untuk dahinya ketika demam, sup ayam yang lezat, dan pijatan punggung dari Ibu atau Ayah. Anak akan merasa senang bermanja seperti saat lebih kecil. Orang tua juga senang, karena mereka dapat bebas memperlakukan anak mereka seperti bayi. Buatlah saat membelainya jadi spesial dan nikmati kesempatan itu. Segala sesuatunya akan segera normal!

Lihat artikel sejenis: