Perkembangan Bayi: Cara Melatih Bayi Berjalan

Perkembangan Bayi: Cara Melatih Bayi Berjalan

Ketika anak pertama Anda mulai belajar berjalan, mereka masih mencoba berjalan dengan langkah yang lebar dan kaku dengan perut mereka maju ke depan. Ketika mereka makin pintar menyeimbangkan badan, jarak langkah antara kaki mereka akan makin kecil dan jempol kaki akan mulai mengarah ke depan, bukan ke arah lain. Jika dia belum melakukan ini, dia segera akan mencoba melakukan hal lain ketika berjalan.

 

Dalam waktu dua atau tiga bulan berlatih, dia akan mampu:

  • Membawa mainan di salah satu tangan di saat berjalan
  • Menjangkau area di atas kepalanya
  • Melihat ke atas ketika berjalan
  • Berbelok dan berjongkok

Menaiki tangga

Pastikan tangga Anda dipagari, tapi pastikan juga agar anak Anda mendapatkan waktu berlatih (dengan Anda, tentu saja!). Memanjat ke atas adalah tahap pertama. Memanjat ke bawah tangga adalah rute paling aman; ajari mereka caranya dengan memastikan dia melakukan posisi yang tepat, karena dia belum tentu bisa memahami. Kadang kala di tengah tahun keduanya, dia akan belajar untuk berjalan di atas tangga dengan sambil tangannya memegang pagar tangga. Dia akan berjalan selangkah demi selangkah, kemudian meletakkan kedua kakinya pada satu anak tangga, baru kemudian melangkah ke anak tangga berikutnya. Dia akan memerlukan waktu beberapa bulan – bahkan setahun atau dua tahun – sebelum dia dapat naik tangga dengan lancar dan turun dari tangga dengan lancar akan memerlukan waktu lebih lama lagi.

FYI: Sekadar info: belajar berjalan dengan kaki telanjang lebih dianjurkan. Ketika balita Anda belajar berjalan, kaki mereka yang telanjang akan mencengkeram permukaan dan membentuk lengkungan kaki. Dia hanya memerlukan sepatu untuk melindungi kakinya dari permukaan yang dingin atau kasar.  

 

Lihat artikel sejenis: