Perkembangan dan Keterampilan Motorik Bayi

Perkembangan dan Keterampilan Motorik Bayi

Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan perubahan kecil, akan tetapi tubuh dan pikiran bayi Anda semakin tumbuh dan berkembang. Berikut ini adalah cara Anda bisa menolong bayi Anda mencapai perkembangan motorik yang selanjutnya (pergerakan yang menggunakan otot yang besar).

Menjangkau. Salah satu tonggak perkembangan motorik adalah menjangkau. Si kecil akan mencoba memulai melakukan ini di usia 4 – 7 bulan.

Bagaimana Anda bisa menolong. Tiuplah gelembung ke arah bayi Anda dan buatlah dia untuk mencoba menjangkaunya. Taruhlah mainan favorit mereka agak jauh dari jangkauan.

Duduk. Banyak bayi yang sudah bisa duduk dengan bantuan pada usia 6 bulan dan sesegera mungkin akan mampu duduk sendiri tanpa dibantu.

Bagaimana Anda bisa menolong. Ketika mereka telah mampu duduk tanpa bergoyang, perkenalkan permainan sederhana seperti bertepuk tangan atau menggelindingkan bola. Lakukan ini sebentar saja – beberapa menit setiap kali- dan selalu pastikan Anda dekat dengan mereka. Bantal berbentuk C (seperti bantal untuk menyusui) dapat sedikit membantu menopang.

Merangkak. Biasanya akan mulai dilakukan saat usia 7-10 bulan.

Bagaimana Anda bisa menolong. Ketika bayi Anda mulai bergerak sendiri ke depan, pastikan bahwa ruang yang akan dijelajahi mereka aman dan selalu diawasi. Anda juga bisa menempatkan selimut tipis di bawah bayi Anda dan tunjukkan cara bergoyang ke depan dan ke belakang dengan tangan dan lutut Anda. Bergoyang adalah langkah awal sebelum merangkak; sebelum Anda sadar, Anda sepertinya sudah harus mengejarnya sepanjang rumah!

Berdiri. Pada usia sekitar 11 bulan, bayi Anda akan mulai mampu menarik dirinya sendiri untuk berdiri. Secara bertahap, dia akan meningkatkan kemampuan otot, keseimbangan dan koordinasi sampai dia mampu berdiri tanpa perlu dibantu.

Bagaimana Anda bisa menolong. Pastikan untuk memberi bayi Anda waktu bermain yang bebas di atas lantai setiap hari. Batasi waktu di atas alat pembantu seperti tempat duduk bayi.

Pada bulan-bulan awal bayi Anda mengembangkan keterampilan penting dan gerakan yang diperlukan untuk menguasai keterampilan seperti berjalan, berlari, melompat, dan memanjat. Dorong bayi Anda untuk melakukan hal yang lebih menantang setiap hari. Maka dia akan berjalan dan berlari sebelum Anda mengetahuinya!

Lihat artikel sejenis: