Tip melek huruf bagi Bayi: Mengajar Bayi untuk Mencintai Membaca

Tip melek huruf bagi Bayi: Mengajar Bayi untuk Mencintai Membaca

Jalan untuk membaca bermula di masa bayi, Ketika anak memperoleh rasa cinta akan kata-kata, kegembiraan tentang bercerita, serta kekaguman tentang membagi pengalaman hidup dengan orang-orang yang dicintai mengunakan kata-kata . Anggota keluarga dapat memelihara kegembiraan membaca itu melalui aktivitas yang membangun ketrampilan dan minat ini.

Berikut ini adalah beberapa cara menjadikan membaca sebuah bagian sentral kehidupan anak:

  • Bicaralah dengan anak Anda.. Gunakanlah wajah Anda, dan suara Anda ntuk mengatakan kepadanya tentang dunia dan tentang dirinya. Pilihlah waktu yang tepat ketika ia tenang dan siap, dan mulailah berbicara. Ia mengenal suara dan ritme suara Anda karena telah mendengarnya sejak sebelum lahir. Sekarang batulah ia menghubungkan suara-sduara itu untuk berinteraksi dengan dunia.
  • Gemakanlah apa yang bayi Anda katakan. Ulangi suaranya yang dibuatnya. Ia sedang belajar bahwa suara yang diucapkanna dihasilkannya membuat dunia mengeluarkan reaksi.
  • Jadilah seorang komentator berita. Bernarasilah tentang hari –hari Anda kepada bayi, apa yang sedang Anda lakukan, dan bahkan apa yang sedang Anda baca di depan kehadirannya. Anda menjalin koneksi antara kata-kata dan peristiwa ; Anda sedang membantunya belajar tentang elemen-elemen suatu cerita.
  • Label benda-benda. Karena menaruh perhatian bagi anak, buatlah perjanjian mengucapkan namanya dan menyebut bagian-bagiannya. Bajunya, dan giginya. Meskipun koneksinya akan memakan waktu, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, Anda sedang membangun dasar-dasar bahasa dan sastra..
  • Lihatlah buku album foto, bersama-sama. Mulai dengan ketika bayi Anda berusia sekitar enam bulan, perkenalkan buku memang mengasyikkan. Terimalah perhatian anak Anda, setiap interaksi singkat membangun kecintaannya akan buku.
  • Lihat, tunjuk , lalu sebut namanya. Anak kecil dan anak yang sedang belajar berjalan, memulai kehidupan keaksaraannya dengan pertama belajar membuka halaman, kemudian melihat pada gambar-gambar yang ada, sembari memberi nama kepada gambar-gambar itu, lalu menujuk pada gambar yang diberi nama itu, dan pada akhirnya menggambar gambar mereka sendiiri.
  • Pack a book. Bungkuslah sebuah buku. Letakkanlah sebuah buku ceriita di tas popoknya, di mobil untuk orang yang lebih dewasa, dan anak usia sekitar 3 tahun. Kebiasaan mengisi spasi tentang orang di buku-buku dan selalu siap membantu anak melihatnya sebagai suatu bagian teratur dari kehidupan
  • Pelajari sajak dan syair lagu. . Eksperimen anak-anak dengan suara bahasa dengan sajak dna lagu. Sajak dengan gestur membantu mengaitkan aksi dengan kata-kata aksi. Puisi bagi anak-anak juga membangun kesadaran ini serta cinta akan bahasa.
  • Berilah ia sebuah buku. Berilah setiap anak yang Anda kenal sebuah buku untuk setiap kesempatan, dan lalu perhatikan semuanya. Jagalah perpustakaan rumah itu di tempat khusus tetapi yang dapat diakses.
  • Ceritakanlah cerita sebelum tidur. Buatlah cerita, baik ceerita yang diceritakan dengan lantang, maupun yang hanya dibaca dengan diam atau yang Anda ceritakan sebagai bagian cerita sebelum tidur di masa kecil anak. Jangan pernah mengambil cerita sebelum tidur sebagai hukuman. Itu harus selalu dianggap sakral.

Cobalah agar tidak membiarkan matahari terbenam pada hari tanpa cerita. Jadikan buku bagian dari keseharian dengan anak Anda. Jangan biarkan ada hari tanpa cerita, tanpapuisi atau tanpa membaca buku.

Lihat artikel sejenis: