Keamanan Tidur: Cara Membantu Agar Bayi Tidur Nyenyak

Keamanan Tidur: Cara Membantu Agar Bayi Tidur Nyenyak

Seberapa sering Anda meletakkan bayi Anda tidur dan khawatir tentang keselamatan dirinya? Apakah Anda menempatkan telinga Anda dekat kepalanya untuk memeriksa dia baik-baik saja? Yakinlah, ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga bayi Anda aman ketika tidur.

Posisi tidur

meski risiko sindrom kematian mendadak bayi/sudden infant death syndrome (SIDS) jauh berkurang setelah enam bulan, menidurkan bayi dalam posisi terlentang masih merupakan ide yang bagus. Hanya jangan heran jika ia tidak terdiam di sana. Setelah enam bulan, bayi Anda mungkin akan berguling-guling di malam hari, dan dia juga makin pintar memposisikan kepalanya agar lebih mudah bernapas.

Tetap jaga keamanan bayi jika dia tidur dengan melakukan hal berikut ini:

· Jauhkan selimut berbulu, bantal, dan boneka binatang dari boks bayi Anda.

· Tetap menyusui jika Anda bisa.

· Periksa suhu sekitar bayi; pakaikan baju yang ringan; buatlah ia hangat tetapi jangan terlalu hangat.

· Merokok di kamar bayi sangat tidak dibolehkan – bahkan, sebaiknya jangan pernah merokok di mana pun di sekitar dia.

· Pastikan kasur bayi Anda bersih dan tepat serta pas dengan ukuran tempat tidurnya.

· Tempat tidurnya juga harus pas dengan kasurnya.

Catatan boks bayi

Apakah Anda yakin boks bayi Anda aman?

Jika Anda baru membelinya, Anda tidak perlu khawatir – semua tempat tidur modern harus mempunyai pedoman keselamatan yang telah ditentukan. Dua fakta yang harus selalu Anda ingat:

- Tempat tidur yang dibuat sebelum tahun 1985 mungkin mempunyai tiang-tiang yang terlalu jauh jaraknya (lebih dari 6 cm) yang dapat membuat kepala bayi terjepit.

- Tempat tidur yang bercat timbal (yang sangat umum pada tempat tidur yang dibuat sebelum tahun 1972) sebaiknya diganti dan dicat kembali dengan pelapis enamel.

Menjaga keselamatan anak ketika dia tidur adalah sangat penting untuk kebaikan hidup anak dan juga akan menenangkan pikiran Anda.

Lihat artikel sejenis: