Latihan Tidur: Memahami Waktu Tidur Bayi

Latihan Tidur: Memahami Waktu Tidur Bayi

Bayi dan anak-anak menciptakan kebiasaan, sehingga mereka menikmati prediktabilitas ritual. Melakukan tugas-tugas sederhana yang sama sebelum tidur setiap malam membantu sinyal bahwa semuanya aman dan sehat, dan bahwa sudah waktunya untuk pergi tidur.

 
Berikut adalah panduan utama kami untuk rutinitas agara mudah tidur.

Konsistensi merupakan segala-galanya. Sekali menetapkan jadwal waktu tidur, maka lakukanlah secara teratur; anak-anak memang mengharapkannya demikian. Cobalah membatasi mereka sekitar tigapuluh menit sehingga mereka dapat mengatur untuk melibatkan diri.

Buatlah sederhana. Jadikan jadual tidur sebagai sesuatu yang penting sehingga dapat diikuti bahkan ketika Anda tidak berada di rumah. Bisa memasukkan juga mandi dengan air hangat , bercerita sebelum tidur, berada di tempat tidur masing-masing, kemudian sebuah ciuman selamat tidur.

Pengingat waktu tidur. Anak kecil dapat mengambil manfaat dari sejumlah pengingat bahwa waktu tidur sudah dekat ; langsung menodong mereka supaya tidur hanya akan membuat mereka enggan berhenti bermain.

Matikan lampu. Ini membantu anak membedakan siang dan malam. Kalau ia terbangun, dan didapatinya hari masih gelap akan tahulah ia bahwa hari masih "malam".

Bersikaplah fleksibel. Kalau anak Anda sakit dan ia ingin suatu cerita tambahan lagi, Anda dapat melunakkan aturan; cobalah tidak melanggar rutinitas secara keseluruhan. Waktu tidur adalah waktu khusus bagi ibu dan anak dan bagi keduanya, jadi, nikmatilah waktu meringkuk bersama tersebut.

Hindarilah menjadikannya sebagai sebuah hukuman. Berusahalah menjadikan waktu tidur itu sebagai sesuatu yang sakral, jadi hindari menjadikannya hukuman.

Nikmatilah setiap waktu tidur: sementara kadangkala waktu tidur dapat menjadi suatu tantangan, kadangkala bisa menjadi pengalaman yang berharga.

Lihat artikel sejenis: