Kehamilan Trimester Ketiga: Apa yang Diharapkan Terjadi

Kehamilan Trimester Ketiga: Apa yang Diharapkan Terjadi

Sekarang karena telah berhasil mengarungi dua pertiga masa kehamilan Anda, apa yang Anda harapkan akan terjadi di tiga bulan terakhir kehamilan ini?

Trimester ketiga kehamilan sejak minggu ke-28 sampai minggu ke- 40 merupakan periode penting menyangkut pertumbuhan dan perkembangan bayi. Temukan apa yang dapat diharapkan terjadi di bulan-bulan terakhir ini.
Inilah waktu ketika bayi mulai menumpuk lemak di bawah kulitnya, jadi ia mulai tampak seperti bayi yang Anda harapkan pada saat kelahiran.


Portret Miniatur


  • Di akhir minggu ke 32, si kecil tampaknya akan berbobot sekitar 1,9 kg dan panjang sekitar 28 cm. Ia akan terus menambah berat dengan cepat sehingga pada saat lahir ia akan berbobot sekitar 3,5 kg-4 kg
  • Ia akan mulai mengembangkan siklus tidur- bangun dan Anda akan dapat memulai menyadari kapan ia sadar dan bergerak-gerak dan kapan ia tenang berdiam diri.
  • Anda juga dapat memperhatikan periode gerakan ritmis yang mungkin berarti bayi Anda sedang bersin.

Dalam masa trimester ketiga bayi akan mulai melakukan gerakan menghisap dengan mulutnya, jadi ia telah belajar bagaimana merawat ketika lahir. Kelopak matanya tidak lagi tertutup yang artinya ia dapat membuka mata dan menutupnya secara teratur. Ia mengembangkan kemampuan melihat and mendengar, dan Anda akan perhatikan bahwa ia menjadi responsif terhadap stimulus dalam gerak lingkungannya seperti, suara, musik, atau cahaya.


Zona nyaman


Dalam trimester ketiga, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan fisik, sebagian besar karena naiknya ukuran dan berat bayi. Anda bisa mengalami sering kehabisan nafas sewaktu bayi mulai menekan ke atas menekan diafragma dan paru-paru Anda. Jadi menaiki tangga atau berjalan-jalan sekeliling blok rumahmu tidak lagi gampang menyenangkan. Sakit punggung dan kelelahan dapat memperlambat karena semakin berat beban yang Anda bawa berjalan.



Lakukan dengan santai

  • Jadikan kesempatan ini untuk bersantai dan tentukan beberapa ketentuan bagi diri sendiri. Mintalah teman atau anggota keluarga membantumu ketika itu bisa dilakukan.
  • Akan menjadi susah menemukan posisi tidur yang nyaman di malam hari. Dan Anda akan menemukan bahwa ternyata semakin sering Anda ke kamar mandi sewaktu bayi menekan kandung kemih. Mengurangi minum sebelum tidur akan bermanfaat.

  • Banyak wanita memperhatikan ada banyak pembengkakan terjadi pada diri mereka dan juga edema (pembengkakan ) di daerah pergelangan kaki dan kaki karena kelebihan cairan. Mengangkat kaki bila mungkin akan cukup membantu mengurangi pembengkakan pergelangan kaki ini.

  • Secara emosional Anda merasa kurang sabar dengan kehamilan ini, Anda ingin bayi Anda sekarang dapat Anda timang dengan kedua tangan Anda, dan bukan lagi dalam kandungan Anda lagi.


Berikut ini beberapa tip untuk menjadi trimester ketiga terasa menyenangkan:


  • Kalau cuaca mengizinkan, berjalan-jalan santai di luar rumah beberapa kali dalam seminggu. Udara bersih dan segar akan menenangkan dan membuat peredaran darah menjadi lebih baik, serta akan mengurangi pegal-pegal yang dirasakan.
  • Ikuti kelas kursus mengenai kelahiran bayi untuk mempelajari ukuran-ukuran kenyamanan dan latihan peregangan. Gunakanlah latihan relaksasi yang diberikan bersama sejumlah gambaran visual serta musik untuk membantu Anda supaya relaks dan fokus pada pada kegembiraan yang akan datang.

  • Tidur menyisi di malam hari agar mendapatkan kenyamanan.
  • Capailah sekitar tujuh jam tidur menyamping. Gunakanlah bantal menyanggah kaki bagian atas dan punggung. Istirahat siang atau tidur siang sewaktu menghampiri hari kelahiran dengan istirahat yang cukup.

  • Baca, baca, dan baca. Informasi tentang melahirkan, kelahiran dan perawatan bayi akan mengurangi tekanan rasa ingin tahu dan kegelisahan dan bersiaplah untuk peristiwa mendatang.

  • Tetaplah dengan kunjungan mingguan sebelum kelahiran sehingga dokter dapat mengikuti perkembangan Anda dan bayi mendekati hari kelahiran. Mengetahui bahwa segala sesuatunya berjalan baik akan memungkinkan Anda merasa santai dan menikmati beberapa minggu menjelang kelahiran.


pandanglah ke depan


Mengetahui bahwa bayi bertumbuh dengan sehat, merasakannya bergerak dan menendang-nendang dengan semakin bersemangat, mempersiapkan kelahirannya, memilih nama untuk bayi, membeli perlengkapan bayi dan mempersiapkan semua hal yang perlu untuk bayi di rumah dan menyadari bahwa hanya dalam hitungan beberapa minggu lagi ia akan ada di sini, semua itu akan menjadikan hari-hari ini begitu berarti spesial.

Inilah waktu yang sukar dibayangkan, jadi, cobalah untuk santai relaks dan nikmati. Hampir tiba waktunya.


Lihat artikel sejenis: