Morning Sickness: Kapan Ini Mulai dan Cara Mencegahnya

Morning Sickness: Kapan Ini Mulai dan Cara Mencegahnya

Apa itu Morning Sickness?

Mual, yang kadang-kadang diikuti muntahan, adalah gejala yang umum pada kehamilan awal. Sekitar 50-70 persen dari pengalaman kehamilan wanita pada tiga bulan pertama. Ini tidak hanya mual yang normal, ini biasanya tanda bahwa kehamilannya sehat.

Kondisi ini disebut dengan “morning sickness” karena gejala ini umumnya terjadi pada pagi hari. Anda akan merasakan mual dan memuntahkan setiap saat ketika Anda hamil.

Apa penyebab dari Morning Sickness?

Gejala ini dipercaya disebabkan dari hormon kehamilan hCG, yang diproduksi oleh pembentukan plasenta dan membantu menjaga kehamilan. Tetapi faktor yang lain seperti rendahnya gula darah, naiknya asam lambung, stres dan kelelahan yang juga dapat berpengaruh.

Pengobatan terhadapa Morning Sickness

  • Siapkan biskuit tanpa rasa, kue beras, atau bahkan sepotong coklat disamping tempat tidur dan makan sesuatu pada saat Anda bangun, untuk menaikkan gula darah sebelum Anda beranjak.
  • Daripada makan tiga makanan porsi besar setiap hari, makanlah lima sampai enam makanan porsi kecil untuk menghindari perut kosong dan menjaga gula darah stabil .
  • Masukkan jumlah protein yang cukup di menu dietmu (daging, ikan, telur, keju) dan karbohidrat lengkap (buah, sayuran, butir) untuk memenuhi syarat perkembangan bayi.
  • Beberapa ahli nutrisi merekomendasikan kebutuhan 75 sampai 100 mg suplemen vitamin B6 untuk mencegah rasa mual. Konsumsi juga vitamin pra-kelahiran dengan terartur.
  • Jauhkan dari makanan pedas dan berminyak, hindari menjadi terlalu panas dan manis, dan beristirahatlah yang cukup.

Mengatasi Morning Sickness

Ketika Anda merasa mual, coba hal-hal berikut ini:

  • Buat diri Anda santai. Bernapas dengan pelan; masuk melalui hidung dan keluar melalui mulut; mencoba perbandingan yang terlihat, fokus pada hal-hal yang menyenangkan.
  • Hindari melihat, mencium, dan merasakan makanan atau zat kimia lainnya (seperti tembakau rokok) yang dapat membuat Anda mual.
  • Menghisap atau mengunyah keripik es, atau menghisap potongan lemon segar.
  • Jika menggosok gigi membuat Anda muntah, lebih baik mencoba obat kumur. Gunakan secara teratur untuk menjaga mulut Anda segar.
  • Coba segelas susu atau dua tablet kalsium yang menetralkan asam dalam perut.
  • Cobalah jahe, obat alami untuk mual. Parutlah bahan tersebut dalam sayuran atau makanan lainya.
  • Minumlah chamomile atau teh jahe.
  • Penting menjaga asupan cairan Anda, bahkan jika Anda tidak merasa seperti makan makanan padat. Jangan mencampur atau mengonsumsi makanan padat dan cair pada waktu yang sama..

Jika gejala dari mual dan muntahannya terus menerus (terjadi lebih dari sekali atau dua kali setiap hari), Membuat Anda tidak bisa makan dan minum, atau berlanjut dalam tiga bulan pertama, laporkan ini kepada pelayanan kesehatan.

Berapa lama morning sickness berakhir?

Kabar baik adalah bahwa sebagian besar wanita morning sickness berakhir pada bulan keempat dari kehamilan, ketika level hormonnya mulai untuk menurun sedikit.

Tetap ingat bahwa rasa mual adalah normal dan akan berlalu dengan segera; berpikir tentang sisi positif dari hamil, dan kehamilan bayi akan membawakanmu.

Lihat artikel sejenis: