Tidur Ketika Hamil | Pampers (ID)

Tidur Ketika Hamil | Pampers (ID)

"Tetap beristirahat." Itu nasihat yang menyenangkan selama masa sembilan bulan, tapi itu lebih mudah dikatakan daripada dilakukan untuk sebagian perempuan. Perut yang membuncit, bayi yang aktif, dan perubahan hormonal membuat sulit tidur dan tetap terdiam. Berikut beberapa gangguan tidur yang umum dialami ibu hamil dan cara untuk mengatasinya.

Perpindahan dan perubahan 

Salah satu keluhan tidur yang paling umum terjadi selama kehamilan, terutama pada periode trimester ketiga, adalah menemukan posisi tidur yang nyaman. Cobalah berbaring pada sisi dengan bantal berada pada lutut untuk mendukung punggung bagian bawah. Anda juga dapat membeli bantal tubuh, yang dapat dibentuk panjangnya sama dengan tubuh Anda, mintalah dukungan jika Anda sangat membutuhkannya. Beberapa wanita menemukan kelegaan dengan cara tidur pada posisi bersandar dengan banyak bantal di sebelah dan sekitarnya.

Di banyak kasus, seringnya buang air kecil adalah suatu gejala dari hamil. Tetapi Anda sebaiknya menyadari bahwa infeksi saluran urin (UTI) juga memiliki gejala yang sama. Seringnya buang air kecil bukan hanya gejala UTI: Anda mungkin merasa bahwa Anda harus kencing segera (disebut "urgensi") dan merasa sakit atau terasa panas saat menjalaninya. Jika Anda mengalami gejala selain sering buang air kecil, hubungi dokter Anda. Dokter mungkin akan menguji urin Anda untuk melihat apakah Anda terkena infeksi bakteri.

Seringnya buang air kecil

Semakin lama Anda memasuki masa kehamilan, semakin sering Anda akan membuang air kecil, bahkan tidak ada pengecualian di malam hari. Keinginan buang air kecil
terus meningkat seiring pertumbuhan rahim yang menekan kandung kemih. Anda mungkin tidak ingin mengurangi minum sepanjang hari, tapi Anda mungkin akan mencoba membatasi minum
sebelum pergi tidur.

Di banyak kasus, seringnya buang air kecil adalah suatu gejala dari hamil. Tetapi Anda sebaiknya menyadari bahwa infeksi saluran urin (UTIs) juga memiliki gejala yang sama.
Seringnya buang air kecil bukan hanya gejala UTI: Anda mungkin merasa bahwa Anda harus kencing segera (disebut "urgensi") dan merasa sakit atau terasa panas saat menjalaninya. Jika
Anda mengalami gejala selain sering buang air kecil, hubungi dokter Anda. Dia mungkin akan menguji urin Anda untuk melihat apakah Anda terkena infeksi bakteri.

Aktivitas bayi Anda

Beberapa wanita dibangunkan oleh aktivitas bayi selama malam hari. Sebenarnya tidak ada hal yang dapat Anda lakukan, bahkan sebenarnya itu yang Anda inginkan: keaktifan bayi biasanya menunjukkan bayi sehat. Ketika bayi berhenti bergerak atau melambat, kita jadi memperhatikan kesehatannya. Jadi meskipun ini mungkin membuat Anda tertekan, ini sebenarnya tanda bahwa bayi Anda sehat! Jika bayi Anda tetap membuat Anda terbangun pada malam hari, Anda dapat mencoba tidur selama siang hari. Bahkan tidur yang sebentar dapat membantu Anda merasa segar.

Tips agar mudah tidur

Ini beberapa cara agar Anda bisa tidur malam dengan enak:

  • hilangkan semua kafein dalam menu Anda.
  • Berolahragalah setiap hari. Studi menunjukkan bahwa olahraga yang teratur membuat tidur lebih baik. Berjalan-jalan adalah pilihan yang tepat bagi wanita hamil.
  • Minum segalas susu hangat sebelum pergi tidur.
  • Akhirnya, jangan konsumsi obat-obatan atau obat herbal untuk membantu Anda tidur. Selalu periksa ke dokter untuk merawat gejala yang Anda alami.

Lihat artikel sejenis: