Week-10-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 10 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda


Perkembangan tangan dan kaki adalah berita utama minggu lalu, dan minggu ini topiknya adalah perkembangan telinga. Bagian luar telinga akan berkembang di akhir minggu 10 ini, dan sekarang bagian luar telinga itu berada di posisi bagian bawah kepala. Sejalan dengan pertumbuhan kepala yang menjadi lebih besar, bagian luar telinga itu akan berada tepat di samping kepala kanan dan kiri.

Suara Anda segera akan menjadi suara favorit untuk didengar sang bayi!

Mata janin juga berkembang. Struktur dasar penglihatan mulai berada pada posisinya dan kelopak mata mulai ada untuk menutup mata yang masih terletak di kedua sisi kepala.

Bersyukurlah bahwa dengan berkembangnya tulang dan bertambah panjangnya anggota badan, sang janin kini berbobot sekitar 2,5 gram dan berukuran panjang sekitar 2 sampai 3 sentimeter (sekitar satu inci) dari ujung kepala ke ujung kaki (dari kepala sampai bagian bawah)

Meskipun gigi bayi tidak akan menembus gusi sampai dengan beberapa bulan setelah lahir, bakal gigi telah mulai membentuk sebagai tunas-tunas kecil bakal gigi. Pada waktu kelahiran, bayi Anda akan mempunyai 20 gigi bayi yang menanti untuk muncul menembus gusi selama masa beberapa tahun di awal kehidupannya, demikian juga bagian gigi permanen yang berkembang di bawah permukaan gusi.

Kehamilan Anda


Mulai saat ini, jantung sang ibu mulai memompa lebih banyak darah melalui nadi dan di usia 32 minggu kehamilan, dalam tubuh ibu hamil terdapat 40 sampai 50 persen darah lebih banyak dibandingkan dengan sebelum hamil.

Sebagaimana yang Anda harapkan, volume yang lebih banyak itu diperlukan untuk keperluan rahim dan plasenta. Terkait dengan sirkulasi darah ini, berbagai langkah yang sekarang Anda lakukan untuk memperlancar aliran darah dapat membantu mencegah varises yang terjadi dalam masa kehamilan. Melakukan gerak jalan setiap hari, berbaring pada posisi badan sebelah kiri, meninggikan kaki (dengan bertumpu pada lutut), duduk tanpa menyilangkan kaki -- semua kebiasaan tersebut dapat membantu menghindari sirkulasi darah yang kurang lancar.

Dari para ahli


“Kalau di masa kecil Anda pernah terkena cacar air, maka di masa kehamilan Anda akan menyalurkan perlindungan antibodi tersebut pada bayi Anda," sebut Dr. Suzanne Dixon. "Akan tetapi, ada situasi ketika Anda perlu menerapkan langkah pengaman khusus, misalnya kalau ketika kecil Anda belum terkena cacar air.”

Lihat artikel sejenis: