Week-11-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 11 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 11 minggu

Temui iramanya. Jantung bayi Anda telah berdetak dengan cepat dan bersemangat selama berminggu-minggu, tetapi hanya cukup kuat untuk dapat terdengar. Detak jantung janin berdetak dua kali lebih cepat dibandingkan dengan detak jantung sang ibu, antara 120 sampai 140 kali per menit. Jantung telah berkembang normal sebagaimana mestinya dengan struktur empat bilik selama bulan lalu, meski dinding batas pembagi bilik belum akan sempurna sampai dengan setelah kelahiran.

Kulit terbentuk. Suatu lapisan tipis kulit telah terbentuk membungkus badan janin selama beberapa minggu belakangan. Suatu lapisan khusus mulai berkembang menjadi bakal kuku jari tangan dan kaki.

Ukuran. Secara keseluruhan janin telah cukup bertumbuh sejak seminggu lalu dari ujung kaki sampai ujung kepala --- mencapai panjang sekitar 5 cm. Kepala janin berkembang mendekati sekitar setengah panjang badannya, yang menunjukkan betapa cepat pertumbuhan sang janin jenius tersebut.

Kehamilan Anda pada usia 11 minggu

Harus memilikinya. Beberapa ahli berpendapat bahwa mengidam merupakan cara tubuh ibu hamil mengatakan apa yang ia inginkan. Sejumlah ahli lainnya tidak sepakat dengan pendapat tersebut. Tidak ada orang yang mengetahui dengan pasti mengapa mengidam terjadi di masa kehamilan, tetapi tidak ada keraguan bahwa setiap ibu hamil memiliki keinginan kuat berkaitan dengan makanan-makanan tertentu.

Pertumbuhan bayi "C". Ketika seorang ibu hamil, ia memerlukan 80 sampai 100 miligram vitamin C setiap hari. Vitamin C membantu janin Anda membangun sel-sel baru dan mengembangkan kesehatan tulang dan gigi . Sumber makanan yang sehat mencakup jeruk, pepaya, strawberi, dan brokoli. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai makanan kaya gizi silakan klik di sini.

Test Rh. Kalau hasil tes Anda negatif mengenai protein yang disebut faktor Rh sedangkan sang ayah menunjukkan hasil Rh-positif, maka kombinasi keduanya mungkin menjadikan Rh-positif sang janin. Hasil ini dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan serius pada janin: tubuh ibu mungkin menciptakan antibodi melawan Rh-positif darah janin. Agar hal ini tidak terjadi sang ibu harus menerima suntikan zat yang disebut Rhogam di usia kehamilan antara minggu ke-28 dan minggu ke-29 untuk menetralisasikan sel darah merah sang janin yang mungkin dapat menyeberang ke dalam sirkulasi darah sang ibu. Ibu hamil juga perlu mendapat suntikan setelah kelahiran untuk melindungi kehamilan-kehamilan berikutnya.

Lihat artikel sejenis: