Week-13-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 13 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 13 minggu

Prosedur. Kini ketika janin telah menyelesaikan pembentukan semua bagian penting dalam tubuh, maka semua organ itu mulai berfungsi. Hati mengeluarkan air empedu, pankreas memproduksi insulin dan ginjal membentuk urin untuk membawa keluar sampah/kotoran. Urin dikeluarkan lewat cairan air seni. Usus janin, yang sebagian ada dalam tali pusar, telah bergerak kembali ke rongga perut karena telah tersedia cukup ruang untuk menampungnya.

Masalah kepala. Janin sekarang berukuran sebesar buah plum, dengan berat kurang lebih 0,03 kg dan berukuran antara 6,6 sampai 10,2 cm. Kepala janin berukuran setengah dari ukuran itu, bersyukurlah bahwa otak telah berkembang. Selama bulan-bulan berikut, tubuh akan bertumbuh dengan sangat cepat. Bila nanti bayi lahir, kepala akan berukuran hanya seperempat total panjang tubuh.

Kehamilan Anda pada usia 13 minggu

Selamat datang trimester kedua! Banyak wanita menggambarkan beberapa bulan berikutnya sebagai bulan madu masa kehamilan. Ketidaknyamanan trimester pertama -- kelelahan, mual, sering buang air kecil --- agak berkurang dan ibu akhirnya mulai menikmati kehamilannya. Banyak wanita bahkan merasa munculnya semangat dan energi dalam trimester ini.

Manajemen bagian tengah tubuh. Satu alasan seorang wanita merasa bahwa ia hamil adalah lingkar pinggangnya mulai bertambah. Celana yang biasanya dikenakan menjadi kesempitan. Si ibu akan merasa lebih nyaman kalau mengenakan daster longgar yang sudah diincarnya --- apa pun keputusannya yang penting kenyamanan selalu menjadi rujukan.


Lihat artikel sejenis: