Week-15-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 15 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda


Halo, rambut! Di akhir minggu ini, pola rambut sang janin terbentuk untuk seumur hidupnya. Sejumlah rambut mungkin telah mulai tumbuh meskipun lazimnya belum akan tampak dalam beberapa minggu mendatang.
Tentu saja hal ini belum merupakan jaminan bahwa bayi akan lahir dengan rambut lebat-- ada bayi yang tetap botak sampai dengan beberapa bulan setelah lahir.

Ultrafin, rambut halus yang disebut lanugo juga tampak di seluruh tubuh janin. Rambut halus ini melindungi kulit halus sang janin dari air ketuban, biasanya menghilang sendiri sebelum atau setelah kelahiran.

Kalau dapat mengintip ke dalam rahim akan tampak janin berbobot antara 0,05 sampai 0,07 kg dan berukuran panjang antara 10,4 dan 11,4 inci dari ujung kaki sampai ujung kepala, sekitar ukuran sebuah apel.

Di bawah lanugo itu terletak lapisan kulit yang halus dan terlihat pembuluh darah yang sudah berfungsi mengalirkan darah. Perkembangan pembentukan mulut terus berlanjut-- sang janin mungkin sekarang mengisap ibu jari tangannya – dan gerakan di wajah terjadi dengan teratur.

Kehamilan Anda


Pada saat ini, mual dan kelelahan yang mungkin sudah dialami sang ibu di trimester pertama telah jauh berkurang. Banyak wanita mengatakan bahwa mereka merasa lebih bersemangat dan bertenaga pada masa ini, kalau Anda juga termasuk salah satu kalangan ini, bersyukurlah, nikmatilah. Berjalan-jalan di pagi hari atau sore hari, tanamlah bunga, atau mulailah merencanakan kamar bagi sang buah hati!

Sekarang ini juga merupakan masa di mana semacam pembengkakan lembut yang dikenal dengan nama edema, akan tampak di bagian-bagian tertentu pada tubuh si ibu. Kaki bengkak dan terutama di bagian mata kaki. Si ibu juga akan mengalami bengkak di tangan sehingga cincin di jari tangan terasa sesak.

Edema terjadi karena cairan terdorong dari aliran darah ke dalam jaringan-jaringan yang halus. Sebagaimana terjadi dengan banyak wanita, hal tersebut terjadi karena meningkatnya aliran darah melewati tubuh dan tekanan rahim yang terus membesar di saluran darah di daerah pinggul. Cara terbaik mengatasi edema ini yaitu dengan gerak olahraga lembut seperti olahraga jalan, renang, atau bahkan yoga.

Selain itu, beristirahat yang cukup dengan kaki diangkat naik dan pastikan mengonsumsi air minum delapan gelas per hari. Kalau mengalami perasaan terlalu penuh di tangan atau kaki, atau kalau juga itu terasa di wajah atau mata, hubungilah dokter.

Anjuran para ahli


Hormon-hormon yang sama yang mendorong pertumbuhan rambut pada janin mungkin juga menyebabkan rambut sang ibu menebal--- atau sebaliknya rontok.

’Lazimnya kita mengalami pertambahan rambut sekitar seratusan per hari,” kata ahli dan perawat terdaftar Elaine Zwelling, ‘di masa kehamilan fase normal ini terbalik.’

Lihat artikel sejenis: