Week-16-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 16 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 16 minggu

Duduk tegak. Berkat adanya otot-otot yang kuat, janin dapat menegakkan kepala dan lehernya dari posisinya yang semula meringkuk.

Tokoh beraksi. Janin meregangkan tangan dan kakinya dengan bersemangat. Masa di antara sekarang dan usia kehamilan 20 minggu, Anda mungkin akan dapat merasakan gerakannya untuk pertama kali. Kata orang, janin masih sangat kecil-- kira sekitar 11,4 sampai 12,1 cm panjangnya dan kurang dari 0,09 kg beratnya– dan bantalan air ketuban dapat mempersulit kita untuk merasakan gerakannya sekarang ini.

Kehamilan Anda pada usia 16 minggu

Memilih sisi. Sebagaimana dapat dipahami, tidur menelungkup sangat tidak mungkin pada fase ini. Tetapi tidur menelentang juga dapat meningkatkan tekanan pada vena cava, yaitu pembuluh darah yang mendorong kembali darah ke jantung. Berbaring pada sisi sebelah kiri adalah yang terbaik karena meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membantu meminimalisasi kemungkinan terjadinya edema (pembengkakan), varises, dan gangguan lain terkait dengan peredaran atau sirkulasi darah yang buruk.

Napas yang berat. Napas terengah-engah saat melintasi ruangan? Hormon kehamilan menyebabkan cairan berkumpul di paru-paru, mempersulit si ibu bernapas dengan lega. Kemudian, rahim yang masih membesar menekan diafragma dan mengurangi ruang bagi paru-paru untuk bernapas dengan bebas.

Saatnya untuk tes. Kini waktunya untuk berbicara dengan dokter atau perawat kesehatan tentang pro dan kontra tes AFP alpha-fetoprotein atau tes AFP. Tes darah sederhana ini memeriksa kemungkinan kerusakan di waktu kelahiran seperti Down's syndrome dan spina bifida, dan ini harus dilakukan antara usia kehamilan minggu ke-16 dan minggu ke-18.

Lihat artikel sejenis: