Week-19-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 19 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 19 minggu

Ekstra telur. Kalau bayi Anda perempuan, sistem reproduksi kecilnya telah terbentuk. Vagina, uterus, dan tabung falopi telah ada sebagaimana mestinya. Ovariumnya berisi sel telur dengan lebih dari 6 juta sel telur sederhana. Ketika lahir, jumlah tersebut akan menurun sampai sekitar 1 juta.

Anda mendapatkan anak laki-laki. Kalau bayi adalah anak laki-laki, testis telah membentuk dan telah menghasilkan testosteron sejak minggu ke-10 kehamilan. Daerah genital bagian luar yang menjadi lelaki dalam trimester pertama, akan terus berkembang.

Kulit ke-2. Dalam waktu ini, kulit mulai memproduksi suatu selimut lembut lembab yang disebut vernix caseosa. Ini terbuat dari keluaran lemak kulit, sel-sel mati, dan lanugo, rambut halus yang menyelimuti seluruh tubuh janin. Vernix ini melindungi kulit janin dari efek terbungkus cairan ketuban. Sebagian besar vernix akan menghilang dengan sendirinya sebelum lahir. Bayi prematur sering kali lahir dengan banyak zat vernix ini.

Ukuran Kini janin berukuran kira-kira 17,8 cm panjangnya dan berat antara 0,18 sampai 0,22 kg. Akan ada lonjakan dalam diagram pertumbuhan, jadi bersiaplah untuk menghadapi tambahan ukuran di minggu-minggu mendatang.

Kehamilan Anda pada usia 19 minggu

Wajah yang lucu. Hormonlah yang harus disalahkan atas adanya perubahan akibat kehamilan ini --- bercak biru atau hitam di hidung, pipi, atau dahi --- dan linea nigra, garis gelap di atas perut turun mencapai tulang kemaluan. Keduanya akan lenyap setelah lahir. Paparan pada sinar matahari dapat mempergelap pigmen ini, jadi pastikan menggunakan pelindung sengatan matahari.

Rasa sakit sekitar ligamen. Dengan berkembangnya rahim, lingkar ligamen yang mendukungnya akan mekar. Sering kali, pemekaran ini akan menyebabkan rasa sakit yang ngilu atau gatal di bagian bawah perut. Biasanya di sebelah kiri atau kanan. Ini mungkin dapat terasa ketika si ibu berganti posisi atau bangkit dengan tiba-tiba. Konsultasi dengan dokter kalau terlalu risau dengan keadaan ini.

Lihat artikel sejenis: