Week-20-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 20 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 20 minggu

Minggu ini bayi sedang tertutup sempurna oleh cairan vernix, cairan berminyak yang melindunginya dari air ketuban.

Masuk akal. Otak janin telah bekerja keras mengembangkan pusat-pusat saraf yang diperuntukkan bagi inderanya. Ketika indera tersebut berkembang, ia menjadi lebih responsif terhadap aktivitas sang ibu, suara-suara yang terdengar di sekitarnya, bahkan atas rasa cairan ketuban.

Menyambut cegukan. Di samping gerak bergulung-gulung, menyelam dan menendang, ibu bayi juga dapat merasakan gerak mengangkat yang teratur. Kebanyakan bayi cegukan di dalam rahim, mungkin karena diafragma yang belum sempurna mengalami kejang. Tidak perlu khawatir mengenai ini. Itu tidak akan mencederainya.

Tunas yang bersemi. Ini bukan lanugo; tetapi ini hal yang nyata, tetapi hampir semuanya akan hilang dua minggu setelah lahir. Pada bagian lain di kepala, tulang pada bagian dalam telinga sepenuhnya terbentuk, dan hidung mulai terbentuk.

Ukuran. Bayi sekarang beratnya sekitar 0,2 sampai 0,3 kg dan ukuran panjang sekitar 21,6 cm. Ukurannya kira-kira sebesar tangkupan telapak tangan ibu.

Kehamilan Anda pada usia 20 minggu

Minggu yang Kritis. Selamat! Anda sudah setengah jalan! Rahim Anda telah tumbuh sampai tiga kali dari ukuran aslinya. Ketika dokter mengukurnya ia mungkin akan menemukan bahwa bagian perut rata sejajar dengan pusar. Dari sini, rahim si ibu akan terus tumbuh kira-kira satu sentimeter per minggu hingga saat melahirkan.

Rahim terlihat tinggi. Pada taraf ini, dokter mungkin ingin melakukan pemeriksaan USG untuk memeriksa perkembangan bayi. Ia juga melakukan konfirmasi tentang hari kelahiran, memeriksa kemungkinan seputar cacat di saat kelahiran serta menilai kesehatan plasenta dan juga tali pusar. Tak masalah Anda ingin tahu jenis kelamin bayi atau tidak, kegiatan mengamati rahim ini menjadikan keadaan sebagai orangtua semakin mendekati kenyataan.

Lihat artikel sejenis: