Week-21-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 21 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada kehamilan 21 minggu

Jantung terasa perih. Degup jantung bayi/janin kini cukup keras dan dapat terdengar melalui stetoskop sederhana. Degup jantung itu sukar dibedakan dengan degup jantung sang ibu. Perhatikan degup jantung dengan ritme yang lebih cepat --- degup jantung bayi/janin sekitar 120 hingga 160 kali per menit sekitar dua kali lebih cepat dibandingkan degup jantung si ibu.

Berita melelapkan. Bayi telah mulai tidur dan terbangun dalam siklus yang tidak jelas. USG menunjukkan bahwa bayi yang belum lahir mungkin dapat menetap dalam posisi tidur favoritnya.

Ukuran Bayi/janin berbobot sekitar antara 0,3 sampai 0,4 kg dan sekitar panjang 22,8 cm kira-kira mirip berat dan panjang sebuah pisang.

Kehamilan Anda pada 21 minggu

Titik-titik nyeri. Nyeri punggung, terutama punggung bagian bawah menjadi sangat lumrah di masa kehamilan. Rahim yang terus berkembang mengangkat pusat gravitasi si ibu dan menarik bagian bawah punggung ke arah depan. Sementara itu, hormon relaxin memperlonggar setiap sendi dan ligamen di tubuh si ibu yang memungkinkan bagian pinggul berkembang menampung kepala janin.

Penolong yang mendukung. Setiap saat sang ibu duduk, apakah ketika sedang menonton TV atau bekerja, pakailah alas sehingga kaki terangkat agak tinggi. Kalau ingin berdiri untuk melakukan sesuatu, letakkan satu kaki ke atas sebuah bangku pendek untuk mengalihkan tekanan bagian bawah punggung. Coba berendam di air mandi hangat. Kalau sakit di punggung tidak lenyap, telepon dokter anda.

Lihat artikel sejenis: