Week-23-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 23 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada kehamilan usia 23 minggu

Mendengar suara-suara. Kini setelah tulang dalam telinga bayi telah mengeras, ia dapat mendengar suara si ibu. Berilah dia perlakuan harian dengan membaca, berbicara, atau bernyanyilah untuk dia. Semakin banyak ia mendengar suara sang ibu, semakin ia mengenalnya ketika kelak akan lahir.

Kantong Super. Cairan ketuban yang melingkupi janin menjadi tempat yang sempurna untuk bertumbuhnya sang janin menjadi bayi yang terlahir sehat. Cairan bergaram itu memberinya kehangatan, melindunginya dari infeksi, cocok untuk mengapungkan tubuhnya sebagai latihan untuk tubuhnya yang sedang berkembang. Saat ini, cairan ketuban berisi sekitar segelas besar cairan yang berganti setiap tiga sampai empat jam.

Ukuran. Bayi tampak seperti bayi baru lahir yang kecil dan kurus. Beratnya sekarang sekitar 0,45 kg dan ukuran panjangnya sekitar 22,9 hingga 25,4 cm, kira-kira seukuran panjang boneka barbie.

Kehamilan Anda pada 23 minggu

Masuk kelas. Kebanyakan pendidikan tentang kelahiran anak dirancang mulai pada kehamilan usia 32 minggu. Ide yang bagus untuk mendaftar suatu kursus yang berakhir sekurang-kurangnya beberapa minggu sebelum perkiraan kelahiran, kecuali si kecil ternyata lahir lebih awal.

Konsumsi zat besi. Banyak wanita agak anemia sebelum menjadi hamil, dan 20 persen menjadi kekurangan zat besi selama masa kehamilan. Gejala-gejalanya adalah termasuk kelelahan, rasa lemah, lemas, napas pendek, dan jatuh pingsan. Tanganilah kekurangan zat besi ini dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi seperti hati, daging merah, sirup, lentil, sayur daun seperti bayam dan semacamnya.

Memeriksa kesehatan. Kalau tekanan darah terlalu tinggi, dokter mungkin akan memperhatikan dengan ketat mengenai kemungkinan preeclampsia, yaitu suatu komplikasi kehamilan yang bercirikan adanya tekanan darah yang tinggi, edema (pembengkakan), dan kandungan protein dalam urin. Gangguan ini berpengaruh kepada sekitar 7 persen wanita hamil. Mendeteksi secara dini hal ini sangat penting: kalau dibiarkan, preeclampsia dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke plasenta. Jika Anda menemui gejalanya, konsultasi ke dokter dengan segera.

Lihat artikel sejenis: